Rencana Pangandaran jadi KEK, Runway Bandara Nusawiru akan Diperpanjang

Rencana Pangandaran jadi KEK, Runway Bandara Nusawiru akan Diperpanjang. Photo: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Runway Bandara Nusawiru akan diperpanjang, seiring dengan rencana pemerintah yang akan menjadikan Kabupaten Pangandaran sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Kordinator Bandara Nusawiru, Hendra Gunawan, mengatakan, saat ini runway Bandara Nusawiru memiliki panang 1.400 x 30 meter, sehingga masuk dalam kategori bandara kelas 3.

“Kabupaten Pangandaran akan dijadikan KEK, dan salah satu penunjangnya adalah akses transportasinya harus memadai, termasuk bandara. Dengan akan dijadikanya Pangandaran sebagai KEK, rencananya Bandara Nusawiru akan segera dirubah menjadi bandaran kelas 1 dengan panjang runway 2.500 × 45 meter,” terangnya, kepada HR Online, Kamis (10/01/2019).

Lanjut Hendra, saat ini di Bandara Nusawiru hanya tersedia pesawat ATR, dan fasilitas pendukung penerbangan belum sepenuhnya memadai. Setelah nanti dimulai program KEK, maka pesawat yang akan beroperasi diantaranya ATR 72 yang memiliki kelengkapan fasilitas ekstra.

Jika sarana dan fasilitas sudah memadai, maka status tipe klas secara otomatis akan berubah menjadi bandara klas 1. Selama ini Bandara Nusawiru hanya melayani rute penerbangan Pangandaran Nusawiru – Jakarta Halim Perdanakusuma.

“Jadwal penerbangannya yaitu, Nusawiru – Halim Perdanakusuma jam 06.00 WIB, dan Halim Perdanakusuma – Nusawiru jam 12.00 WIB. Waktu tempuhnya memakan waktu 60 menit,” pungkas Hendra. (Cenk/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA