Rumah Milik Seorang Janda Tua di Pamarican Ciamis Terbakar

Rumah Milik Seorang Janda Tua di Pamarican Ciamis Terbakar. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Rumah milik seorang janda tua terbakar saat ditinggal mengambil air ke sumur, Selasa (22/01/2019). Beruntung, kebakaran rumah milik Marti (70), warga Dusun Kertasari, RT. 02/01, Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat itu, berhasil dipadamkan oleh warga.

Kepala Desa Sidaharja, Haris Munandar, mengatakan, peristiwa kebakaran rumah milik seorang janda tua yang merupakan warganya itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Berkat kesigapan warga, akhirnya api pun dapat dipadamkan dengan menggunakan peralatan seadanya.

“Kobaran api pertama diketahui oleh tetangganya yang saat itu tengah beraktifitas menderes kelapa. Sementara pemilik rumah sedang ke luar, katanya lagi ke sumur,” katanya.

Warga yang melihat adanya kobaran api di bagian dapur rumah korban langsung berteriak, sehingga warga lainnya berhamburan dan memberikan pertolongan. Meski menggunakan alat seadanya, namun api bisa dijinakan dan hanya membakar sebagian dari dapur rumah Nek Marti.

“Api diduga berasal dari sebuah tungku milik korban. Sepertinya tadi Nek Marti sedang melakukan aktivitas memasak. Namun tanpa diduga, saat di tinggal pergi api malah menjalar dan merembet ke bagian dinding dapurnya yang tebuat dari bamboo. Pemilik rumah selamat, untuk kerugian saat ini kami tengah melakukan pendataan,” terang Haris. (Suherman/R3/HR-Online)