Rumah Terbakar di Ciamis Berhasil Dipadamkan Warga

Rumah Terbakar di Ciamis Berhasil Dipadamkan Warga. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebuah rumah terbakar saat ditinggal pergi pemiliknya ke sawah. Peristiwa kebakaran rumah milik Kusnadi, warga RT.002/001, Dusun Cisaar, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat itu terjadi pada Kamis (10/01/2019) siang, sekitar pukul 12.00 WIB.

Kepala Dusun Cisaar, Tatang Rahmat, mengatakan, rumah terbakar saat Kusnadi, pemiliknya, sedang berada di sawah. Beruntung, api berhasil dipadamkan oleh warga setempat dengan menggunakan alat seadanya. Sehingga, api yang membakar bagian dapur rumah tidak sampai merembet ke bagian lainnya.

“Rumah milik Kusnadi terbakar di bagian dapurnya. Hanya saja kobaran api bisa dijinakan oleh warga dengan menggunakan alat seadanya,” kata Tatang, saat dihubungi HR Online, Kamis (10/01/2019).

Sekretaris Desa Kertahayu, Ian Herliana, menambahkan, pada waktu kejadian, rumah dalam keadaan kosong karena pemiliknya berada di sawah. Diduga pemilik rumah lupa memadamkan bara api di dalam tungku.

“Waktu kejadian pemilik rumah sedang berada di sawah, jadi dia tidak mengetahui jika rumahnya terbakar. Sumber api diduga dari tungku. Mungkin saat hendak pergi ke sawah, Kusnadi lupa tidak memadamkan dulu bara api, sehingga api menjalar melalui kayu bakar hingga merembet kebagian dapurnya,” terang Ian.

Menurut sumber informasi di lapangan, warga sekitar melihat ada kepulan asap pekat dari arah dapur rumah Kusnadi. Karena kepulan asap kian pekat, warga pun berlarian mendekati lokasi, dan setelah mengetahui ada kobaran api di dalam dapur, tanpa dikomando warga langsung berhamburran mengambil air untuk memadamkan kobaran api yang sudah menjalar ke bagian pelafon rumah.

Kerja keras warga mendapat hasil, kobaran api pun berhasil dipadamkan sehingga rumah kusnadi bisa diselamatkan. Meski tidak sampai meluluhlantakan bangunan rumah, namun kobaran api menghanguskan sebagian perabotan dapur.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya saja pemilik rumah mengalami kerugian yang ditaksir mencapai jutaan rupiah. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA