Satlantas Polres Ciamis Berikan Edukasi “Safety Riding” ke Pelajar

Satlantas Polres Ciamis Berikan Edukasi “Safety Riding” ke Pelajar

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ciamis memberikan edukasi tentang “Safety Riding” kepada pelajar, bertempat di SMK PGRI Cikoneng, Rabu (16/01/2019).

Kegiatan edukasi tersebut sengaja dilaksanakan Satlantas Polres Ciamis. Alasannya karena berdasarkan data, angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang melibatkan pelajar cukup tinggi.   

Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Agoeng Ramadhani, S.H., S.I.K. ketika ditemui HR Online, di sela-sela kegiatan, Rabu (16/01/2019), menuturkan, kegiatan Edukasi Safety Riding dilakukan secara rutin kepada masyarakat, khususnya siswa-siswi, untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya.

Agoeng  menjelaskan, kegiatan edukasi kepada pelajar tersebut merupakan bagian dari “Millennial Road Safety Festival”. Salah satu agendanya memberikan sosialisasi kepada siswa dan siswi di Kabupaten Ciamis.

“Kegiatan ini bukan hanya sosialisasi serta himbauan saja, tetapi juga dalam rangka menuju Millennial Road Safety Festival yang akan dilaksanakan di Taman Lokasana 23 Maret 2019 mendatang,” ungkapnya.

Selain itu, Agoeng menambahkan, pihaknya juga memberikan materi wajib bagi pelajar, diantaranya tentang tata tertib lalu lintas, tata cara berkendara aman, rambu-rambu lalu lintas, serta berbagai alat keselamatan berkendara. Ditambah juga dengan materi latihan slalom, pengereman, latihan melalui jalan titian dan jalan bergelombang.

Termasuk, kata Agoeng, menyosialisasikan tentang surat-surat penting kelengkapan kendaraan, seperti SIM dan STNK. Tujuannya, tidak lain untuk mengurangi angka kecelakaan dan mewujudkan generasi millennial cinta lalu lintas menuju Indonesia Gemilang.

“Bukan hanya dilakukan sekali, dua kali, tetapi perlu dilakukan berulang-ulang. Dengan harapan, kecelakaan di jalan raya perlahan dapat berkurang,” ujarnya.

Agoeng menegaskan, pihaknya mengimbau pelajar di bawah umur tidak mengendarai sendiri sepeda motor saat ke sekolah. Alasannya karena belum layak dan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“UU mengatur demikian, selain itu dari sisi psikologi juga belum layak. Apabila sudah di atas usia 17 tahun, silakan naik motor sendiri. Tapi jangan lupa, standar keselamatan dan kelengkapannya, termasuk SIM,” tandasnya. 

SMK PGRI Cikoneng Sambut Baik Upaya Satlantas Polres Ciamis

Kepala SMK PGRI Cikoneng, Drs. H. Iwan Gunawan, MM., ketika ditemui HR Online, Rabu (16/01/2019), membenarkan kegiatan Edukasi Safety Riding yang digelar Satlantas Polres Ciamis di sekolahnya.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini. Kami berharap, kegiatan sepert ini terus dilakukan sehingga pelajar mendapatkan informasi penting soal berkendara, tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang terdekatnya, baik keluarga maupun masyarakat,” katanya. (Heri/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA