Sebanyak 158 Calon Relawan Demokrasi Mendaftar di KPU Pangandaran

Sebanyak 158 Calon Relawan Demokrasi Mendaftar di KPU Pangandaran. Photo: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 158 orang tercatat telah mendaftar sebagai calon Relawan Demokrasi (Relasi) di KPU Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang dibuka sejak hari Senin-Rabu (14-16/01/2019).

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran, Muhtadin, mengatakan, para pendaftar Relawan Demokrasi ini meliputi 10 basis pemilih, sesuai petunjuk teknis Relasi Pileg dan Pilpres tahun 2019.

“Sepuluh basis pemilih itu diantaranya pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas. Kemudian, basis pemilih keluarga, basis pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, keagamaan dan warga internet atau warganet,” terangnya, kepada HR Online, Rabu (16/01/2019).

Lebih lanjut Muhtadin menjelaskan, setelah dibekali pengetahuan, Relasi ini nantinya akan menjadi penyuluh pada setiap komunitas basis pemilih strategis tersebut. Hal itu untuk mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi, serta tanggungjwab penuh masyarakat untuk mnggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 secara optimal.

Saat ini, KPU Pangandaran tengah melakukan seleksi berkas para calon Relasi Pemilu 2019 yang telah diterima pihaknya. Bagi calon relawan yang memenuhi persyaratan akan mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu seleksi wawancara yang dilaksanakan hari Kamis (hari ini), mulai pukul 08.00 WIB.

“Dari 158 pendaftar, nantinya akan diambil sebanyak 55 orang yang akan bertugas di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran,” pungkas Muhtadin. (Cenk/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA