Sejumlah Siswa SMPN 1 Kawali Ciamis Jatuh Pingsan saat Upacara Bendera

Sejumlah Siswa SMPN 1 Kawali Ciamis Jatuh Pingsan saat Upacara Bendera. Photo: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah siswa SMP Negeri 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, jatuh pingsan saat mengikuti upacara bendera, Senin (21/01/2019) pagi tadi.

Putri, petugas PMR di sekolah tersebut, mengatakan, setiap pelaksanaan upacara bendera selalu ada saja siswa yang jatuh pingsan. Pada upacara bendera hari Senin ini ada 8 orang siswa yang pingsan.

“Dari delapan siswa tersebut, dua orang diantaranya dibawa ke Puskesmas terdekat. Sedangkan, enam orang siswa lainnya dibawa dulu ke ruang UKS menunggu kendaraan yang mau mengantarkan pulang ke rumahnya masing-masing,” kata Putri, kepada HR Online, di ruang UKS SMP Negeri 1 Kawali.

Sementara itu, Kabid. Humas SMP Negeri 1 Kawali, H. Adang Sukmana, saat ditemui di ruang kerjanya, membenarkan adanya sejumlah siswa yang mengalami pingsan saat pelaksanaan upacara bendera.

Menurut Adang, siswa yang mengalami pingsan pada umumnya disebabkan kondisi perut yang kosong atau belum makan. Selain itu, terkadang karena banyak halusinasi dan mengalami broken home.

“Untuk siswa yang dipandang perlu mendapatkan perawatan medis, langsung dibawa ke Puskesmas. Sedangkan untuk yang sudah terlihat mau pulih, ditangani oleh PMR atau langsung diantarkannya pulang ke rumah masing- masing,” terang Adang. (Edji/R3/HR-Online)