SMAN 1 Banjar Raih Beragam Prestasi Tingkat Nasional

Siswa-siswi SMAN 1 Kota Banjar yang meraih prestasi pada Kejurnas Pelajar Perisai Diri tahun 2018. Photo: Dok. SMAN 1 Banjar.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebagai sekolah rujukan, dalam perkembangannya SMAN 1 Banjar terus menunjukkan beragam prestasi yang ditorehkan para siswa-siswinya sepanjang tahun 2018, mulai dari di kota, provinsi hingga tingkat nasional.

Pencapaian keberhasilan tersebut sejalan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pihak sekolah, untuk menunjukan jati dirinya melalui prestasi. Beberapa prestasi di tingkat nasional yang berhasil diraih meliputi, Kejuaraan Nasional Pelajar Perisai Diri 2018 kelas C/Putri, juara satunya diraih Resa Puspitasari, kelas XI IPA 4, dan Sintiya, kelas XII IPA 4 yang berhasil meraih juara 3.

Selanjutnya, prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat diantaranya, Satria Nugraha, kelas XI IPA 2 dan Shafira Az Zahra, kelas XI IPA 4 yang terpilih sebagai Paskibra Provinsi Jawa Barat tahun 2018. Kemudian, Agus Nurkholik, kelas F berhasil menjadi juara 2 O2SN Jawa Barat, dan Sintiya, juara 2 POPWILDA wilayah IV 2018.

Untuk prestasi tingkat Kota Banjar diantaranya, juara umum 2 Walikota Banjar Cup 2018 se-Jabar, juara 1 O2SN Tingkat Kota Banjar kelas F atas nama Agus Nurkholik, juara 1 O2SN Kota Banjar kelas C/putri atas nama Resa Puspitasari, juara O2SN Kota Banjar TGR tunggal putri atas nama Sintiya.

Resa Puspitasari, salah satu siswa SMAN 1 Banjar yang berprestasi di tingkat nasional pada Kejuaraan Nasional Perisai Diri, mengaku bangga karena berhasil menyabet medali emas tingkat nasional.

“Syukur Alhamdulillah, saya mampu mengharumkan nama sekolah, sekaligus juga mengangkat citra baik Kota Banjar,” ucap Resa, Selasa (15/01/2018).

Di tempat yang sama, Kepala SMAN 1 Kota Banjar, Drs. H. Ahmad Sobana, M.Pd., merasa senang dan bangga dengan prestasi yang diraih siswa-siswinya di tingkat nasional maupun provinsi Jabar.

“Bangga dan bersyukur, siswa kami selalu menorehkan prestasi di tingkat nasional dan provinsi. Ini berkat perjuangan bersama civitas SMAN 1 Kota Banjar. Terutama siswa yang tekun mengasah kemampuan non akademiknya,” kata Ahmad.

Ia juga mengungkapkan, bahwa hal itu pula yang tentunya akan meningkatkan semangat, sportivitas serta motivasi bagi para siswa lainnya untuk mengukir prestasi yang lebih baik lagi. Semua prestasi yang diraih siswanya itu tak lepas dari pembinaan rutin yang dilakukan para guru SMAN 1 Kota Banjar.

“Seluruh siswa diwajibkan minimal mengikuti satu kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah kami. Karena, kegiatan eskul sebagai media untuk penyaluran minat dan bakat siswa. Kita berharap ke depannya lebih banyak lagi siswa yang mengukir prestasi, baik bidang akademik maupun non akademik,” pungkas Ahmad. (Nanks/Koran HR)