Tabloid Indonesia Barokah yang Sudutkan Prabowo-Sandi Beredar di Pangandaran

Tabloid Indonesia Barokah
Pegawai Bawaslu Kabupaten Ciamis, saat menunjukan Tabloid Indonesia Barokah yang beredar di wilayah Kabupaten Pangandaran. Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Setelah sebelumnya beredar di wilayah Kabupaten Ciamis, kini Tabloid Indonesia Barokah juga ditemukan di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Tabloid yang isi kontennya menyudutkan Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ini ditemukan di beberapa pesantren di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Temuan itu berdasarkan laporan yang masuk ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran. Namun begitu, Bawaslu baru menemukan dengan jumlah puluhan eksemplar. Dimungkinkan temuan jumlah tabloid tersebut akan terus bertambah.

Anggota Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Gaga Abdillah, mengatakan, jumlah tabloid yang tersebar baru ditemukan sebanyak 31 eksemplar. Tabloid itu ditemukan di 21 pesantren. Namun begitu, pihaknya sudah mengintrusikan kepada seluruh Panwas kecamatan untuk terus melakukan pemantauan.

“Hingga hari ini tabloid itu ditemukan di tujuh kecamatan. Sementara kecamatan yang tidak mendapat sebaran tabloid itu, yaitu Kalipucang, Parigi dan Langkaplancar,” terangnya, kepada HR Online, Kamis (24/01/2019).

Gaga menjelaskan saat ditemukan tabloid tersebut tidak langsung disita. Pihaknya,kata dia, masih menunggu arahan dari Bawaslu Jawa Barat.”Kami saat ini baru melakukan pendataan. Kalau nanti ada arahan dari Bawaslu Jabar untuk disita, tinggal ditarik dari tiap-tiap kecamatan,” katanya.

Menurut Gaga, pengirim tabloid tersebut dikirim melalui jasa kantor pos. Namun, pada paket pengirimannya tidak mencantumkan identitas si pengirim. Selain itu, pada cetakan tabloid itu pun tidak mencantumkan alamat dan susunan pengurus redaksinya. “Pokoknya tabloid ini misterius, karena serba anonim,” ujarnya.

Gaga mengatakan, berdasarkan informasi, dikabarkan ada beberapa paket lagi yang masih tersimpan di Kantor Pos Banjar dengan tujuan alamat ke sejumlah pesantren di Kalipucang dan Cijulang. “Artinya, jumlah puluhan yang kami temukan, dimungkinkan itu sebagian kecilnya saja,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang warga Langkaplancar, Jana, mengaku sudah mendapat informasi bahwa tabloid Indonesia Berkah sudah beredar di Kecamatan Langkaplancar. “Saya kemarin mendapat kabar bahwa beberapa pesantren di sini sudah mendapat kiriman tabloid tersebut,” katanya. (Aceng/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA