Tasik Diguncang Gempa 4,8 SR, Getarannya Terasa ke Ciamis, Banjar dan Pangandaran

Ilustrasi Gempa. Foto: Ist/Net

Breaking News, (harapanrakyat.com),-
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa telah terjadi gempa bumi berkekuatan 4,8 skala richter (SR) pada Senin (07/01/2019) pukul 22.04 WIB dengan episentrum terletak di koordinat 8.15 LS dan 107.88 BT tepatnya di 62 km arah BaratDaya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 21 Km. BMKG menyebut gempa ini dirasakan di Sukabumi, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Banjar dan Ciamis.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto, dalam keterangan persnya, mengatakan,┬ádari hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG serta laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Ciamis. “Belum ada laporan adanya kerusakan. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak gempa ini dangkal akibat subduksi di wilayah Selatan Jawa,”katanya.

Menurut Joko, dari hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa susulan. Untuk itu, dia menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG. (R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA