Ternyata Air Putih Berbahaya Bagi Tubuh, Jenis Ini yang Harus Dihindari

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Air putih keberadaanya sangat penting bagi tubuh, selain dapat menghilangkan dehidrasi, juga memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan organ di dalam tubuh. Namun, ternyata ada air putih berbahaya bagi tubuh tidak jauh dari keseharian kita, apalagi yang memiliki kandungan nitrit ataupun zat bahaya lainnya.

Perlu diketahui seperti yang dilansir dari berbagai sumber, air putih yang baik dan sehat adalah air yang sudah dimasak ataupun diolah hingga tidak memiliki bakteri, kotoran serta zat berbahaya yang bisa berdampak buruk pada tubuh. Namun, pada kenyataanya masih banyak yang tidak tahu pengolahannya, sehingga air yang seharusnya tidak bahaya justru jadi bahaya. Untuk itu, Anda perlu tahu air putih yang berbahaya sebagaimana di bawah ini.

Pertama, air yang dimasak ulang. Jika tidak yakin dengan kualitas air, ada sebagian orang yang memasak ulang air yang sudah matang. Bahayanya, bila hal ini terjadi adalah adanya proses penguapan yang menimbulkan proses penguapan dan berdampak kandungan nitrit  meningkat. Efeknya jika dikonsumsi adalah menyebabkan pusing, mual, tekanan darah turun, nyeri pada perut sampai paling parah koma, bahkan meninggal dunia.

Kedua, memasak air terlalu lama. Jika air yang kita masak sudah dipastikan matang, maka segera diangkat dan dipindahkan ke wadah yang sudah disiapkan. Jika dibiarkan masih dimasak saat masih mendidih dengan waktu lama, maka kandungan kalsium, magnesium, nitrit, dan berbagai kandungan logam lainnya di dalam air mengalami peningkatan dengan jumlah yang berlebihan. Apabila air semacam ini diminumu, maka akan berdampak usus dan lambung. Sehingga, terjadi gejala diare, perut kembung, bahkan keracunan.

Ketiga, air yang dimasak tidak sampai mendidih. Memasak air sampai mendidih tiada lain agar kandungan bakteri atau pun kuman bisa menghilangkan setidaknya 13 jenis zat berbahaya bagi tubuh. Makanya, jika air yang dimasak tidak sampai mendidih, zat yang masih bertahan tersebut akan berbahaya bagi tubuh. Parahnya lagi, jika terlalu sering mengkonsumsi air seperti ini akan rentan terkena kanker kandung kemih atau kanker usus.

Keempat adalah air yang sudah usang atau disimpan terlalu lama. Meskipun sudah dimasak, jika dibiarkan lama di dalam wadah, jutsru rentan terkontaminasi dengan zat lain yang berbahaya. Ini juga berlaku pada air kemasan yang sudah dibuka tapi belum dihabiskan dalam waktu berhari-hari, minggu bahkan berbulan-bulan. Bahayanya jika mengkonsumsi air ini akan beresiko terkena kanker lambung dan kanker kerongkongan.

Terakhir air putih berbahaya bagi tubuh adalah air bekas kukusan. Jika merasa sayang dengan air bekas kukusan karena sudah mendidih meski airnya sedikit keruh, jangan sampai dicoba untuk dikonsumsi. Pasalnya, di dalam air ini terdapat kerak endapan yang berisi beberapa jenis logam berbahaya. Apabila dikonsumsi, dikhawatirkan menyebakan gangguan pada pencernaan, saraf, bahkan hingga darah. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA