Tips Aman Mencegah Ponsel tidak Terkena Air Saat Musim Hujan

Ilustrasi mencegah ponsel tidak terkena air saat musim hujan. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Salah satu kelemahan dari barang elektronik termasuk ponsel adalah terkena air. Terlebih saat musim hujan sekarang ini harus dijaga dengan baik, sehingga ponsel tidak terkena air hujan.

Saking rentannya terkena air hujan meski, namun bisa membuat ponsel menjadi rusak. Bahkan, saat ini bisa dikatakan ponsel sebagai barang berharga, sehingga menjadi prioritas utama untuk melindunginya saat hujan.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah hal yang harus dilakukan supaya ponsel tidak terkena air hujan.

# Hindari memakai ponsel ketika hujan

Yang mendasar yang harus diperhatikan supaya ponsel tidak terkena air hujan adalah tidak sedang menggunakan atau memainkannya. Meski memakai payung untuk melindungi hujan, namun tidak menutup kemungkinan percikan air hujan tersebut bisa mengenai ponsel.

Dan jika air hujan itu mengenai ponsel, maka Anda harus sigap dengan mematikan ponsel dan mencabut baterainya. Hal itu dilakukan supaya tidak terjadi konsleting.

Kemudian periksa apakah ponsel terkena air atau tidak. Jika hanya luarnya saja maka cukup dengan mengelap menggunakan kain yang kering, bersih dan halus.

Namun apabila airnya sampai masuk ke dalam, caranya adalah dengan menimbun komponen ponsel itu ke dalam beras. Dan biarkan selama satu malam, lalu bersihkan dengan kain lap. Jika sudah dipastikan semua komponen ponsel kering, coba aktikan kembali ponselnya.

# Hindari menyimpan ponsel di saku

Pengendara sering menyimpan ponsel di dalam saku kantong celana atau baju. Masalahnya, saat turun hujan maka itu bisa menjadi kendala. Meski memakai jaket atau jas hujan, ada kalanya air hujan tersebut merembes atau tembus dan mengenai ponsel. Sehingga bisa dikatakan menyimpan ponsel di saku tidak lah aman.

Lantas bagaimana caranya supaya ponsel tidak terkena air hujan saat mengendarai sepeda motor?.  

Untuk Anda yang membawa tas ransel dengan rain cover, ponsel tersebut bisa disimpan di dalam tas. Sementara tempat yang pas untuk menaruh ponsel di dalam tas adalah dibagian tengah di antara barang lainnya.

Apabila tidak membawa tas, sebaiknya sebelum berangkat persiapkan ponsel dengan memasang casing yang anti air. Tapi perhatikan saat memasangnya ini seluruh lubang baik untuk mengecas atau earphone terlindungi oleh casing waterproof.

Untuk casing waterproof memang sengaja didesain khusus untuk kedap air. Dan saat ini sudah banyak beredar di toko aksesoris handphone.

Cara lainnya bisa juga dengan menggunakan plastik ziplock atau plastik Klip, yang banyak dipakai untuk membungkus produk UKM. Namun sebelumnya, Anda harus memastikan terlebih dulu apakah klip atau kantong plastik tersebut sudah terkunci dengan benar.

# Membawa handuk kecil dan bersih

Kegunaan dari handuk ini yaitu mengeringkan atau menyeka ponsel yang terkena air hujan. Atau untuk melindungi dari air hujan yang nantinya ponsel bisa menjadi rusak, bisa juga dengan membungkus ponsel tersebut dengan menggunakan handuk, kemudian masukkan ke dalam jok motor atau tas.

# Pakai headset bluetooth

Untuk Anda yang sering menelepon karena pekerjaan meski saat mengendarai sepeda motor, atau berjalan kaki sambil memegang payung, bisa memanfaatkan headset bluetooth.

Sambil menelepon tapi aktivitas seperti mengendarai meski hujan tidak akan terganggu cara ini bisa melindungi ponsel terkena air hujan. Karena ponsel tersebut disimpan di tempat yang aman dari air hujan, sehingga membuat ponsel tidak terkena air hujan. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA