UNBK 2019, SMPN 4 Banjar Siap Mandiri

Kepala SMPN 4 Banjar, Sarjo, tengah melakukan pemetaan persiapan UNBK mandiri, pada dua ruang lab komputer di sekolahnya. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Meski Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP tahun ajaran 2018/2019 masih tiga bulan lagi, atau sekitar akhir April mendatang, tetapi beberapa sekolah sudah mulai melakukan persiapan. Mulai dari fasilitas komputer hingga penataan ruang kelasnya.

Seperti yang dilakukan SMPN 4 Kota Banjar, yang mana di tahun 2019 ini sekolah tersebut sudah siap menyelenggarakan UNBK secara mandiri untuk kali pertamanya.

Hal itu dikatakan Kepala SMPN Kota Banjar, Sarjo, kepada Koran HR, saat ditemui tengah melakukan pemetaan kesiapan UNBK bersama jajaran tenaga pengajar, Senin (14/01/2019).

Sarjo mengungapkan, sebagai salah satu sekolah besar atau unggulan tingkat SMP di Kota Banjar, di tahun ini pihaknya sudah mampu menggelar UNBK secara mandiri dengan berbagai cara dan upaya.

“Tahun ini sekolah kami sudah siap mandiri, dalam artian koneksi jaringan internet dan daya listrik sudah ditambah atau dinaikan. Termasuk juga menyiapkan teknisi khusus di bidang ahlinya, seperti proktor dari lulusan sarjana komputer,” terangnya.

Begitu pula untuk fasilitas komputer kini telah tersedia sebanyak 60 unit, ditambah dengan pinjaman laptop dari para guru sebanyak 48 unit. Hal itu untuk melengkapi kebutuhan 108 unit komputer. Selain itu, dilengkapi pula dengan sudah memiliki 5 server.

“Jumlah 60 unit komputer yang dimiliki SMPN 4 Banjar ini merupakan bantuan dari pemerintah sera sokongan kepedulian dari para orang tua siswa,” ujarnya.

Guna mencukupi kebutuhan seutuhnya, pihaknya pun meminta untuk ke depannya ada perhatian dari pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan (Disdik), agar segera memprogramkan bantuan pengadaan komputer. Pihaknya juga berharap dukungan berkelanjutan dari para orang tua siswa.

“Walau begitu, namun atas sumbangsih yang sudah ada ini, kami haturkan terima kasih. Tak terkecuali ditujukan kepada komite sekolah,” ucapnya.

Di tahun 2019, siswa kelas IX SMPN 4 Banjar yang akan mengikuti UNBK jumlahnya ada 297 siswa. Mereka sudah mulai dibekali dengan pengayaan atau latihan test pendalaman materi berbasis komputer. Siswa kelas IX yang akan mengikuti ujian diberikan pengayaan secara bertahap, hingga nantinya mereka mengikuti test persiapan pemantapan ujian.

Sarjo menambahkan, pada tahun lalu, penyelenggaraan UNBK SMPN 4 Banjar masih bergabung atau meminjam tempat, termasuk fasilitas komputer milik SMKN 3 Banjar. “Semoga dengan UNBK mandiri di SMPN 4 Banjar ini, nanti bisa terlaksana dengan lancar dan ada peningkatan hasil nilai UNBK,” harapnya. (Nanks/Koran HR)