3 Tren Smartphone Tahun 2019 Ini Bakal jadi Gaya Hidup Konsumen

3 Tren Smartphone Tahun 2019 Ini Bakal jadi Gaya Hidup Konsumen. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Desain tanpa notch, kamera selfie canggih, dan teknologi Artificial Intelligence (AI) diprediksi bakal menjadi tren smartphone tahun 2019.

Hal itu seiring dengan pesatnya perkembangan ponsel dari tahun ke tahun, mulai dari layar, prosesor hingga kualitas kamera yang terus berevolusi. Seperti halnya yang bakal menjadi tren smartphone tahun 2019 ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (04/02/2019), beberapa tahun terakhir ini jadi momentum yang sangat menarik di dunia industri smartphone global. Berbagai konsep ponsel futuristik yang sebelumnya menjadi angan-angan semata, kini berhasil diwujudkan. Bahkan, semua itu sudah menjadi bagian gaya hidup konsumen di seluruh dunia.

Untuk itulah perkembangan teknologi ponsel menjadi sangat penting bagi semua perusahaan ponsel, sehingga mereka bakal terus berinovasi untuk menciptakan teknologi serta merancang handset yang sesuai dengan kehidupan para konsumennya.

Berikut ini adalah penjelasan 3 tren smartphone yang diprediksi akan terjadi di tahun 2019;

Desain Smartphone Tanpa Notch

Konsumen saat ini berharap ponsel dapat menjadi perangkat yang tak hanya membantu menyelesaikan tugas sehari-hari, tapi juga mampu bertindak sebagai pelengkap dari gaya hidup. Makanya para produsen ponsel saling berlomba-lomba untuk menciptakan desain yang tampil kian menarik. Baik itu dari segi ukuran layarnya yang besar, bezel-less, sampai notch atau poni.

Di tahun ini pula banyak harapan, terkait pencapaian serta inovasi yang akan dihadirkan untuk mencapai layar bezel-less dan bebas poni. Inovasi itu diprediksi lantaran tersedia dalam varian produk di luar seri premium.

Kamera Selfie Canggih

Untuk menghasilkan foto yang berkualitas kepada konsumen, produsen ponsel berupaya mendorong batas mobile photography, di samping mewujudkan desain bezel-less. Sebelumnya di tahun 2018 lalu, banyak jenis ponsel yang sudah memperkenalkan perangkatnya dengan resolusi kamera depan, dari mulai 8MP, 24MP, bahkan hingga 48 MP.

Di tahun 2019 ini, aktivitas selfie yang masih menjadi bagian penting bagi konsumen muda saat ini diharapkan mampu memacu produsen smartphone, untuk menyediakan kamera depan yang resolusi dan kualitas gambarnya lebih tinggi.

Teknologi AI

Beberapa tahun sebelumnya, fitur-fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) hadir dalam rangkaian smartphone high-end. Seiring berjalannya waktu, teknologi AI tak akan lagi terbatas pada smartphone high-end, tapi juga menjadi fitur yang lebih gampang diakses oleh berbagai varian konsumen.

Kamera berbasis teknologi AI diprediksi bakal semakin kompleks dengan fitur-fitur yang secara lebih halus bisa meningkatkan kualitas foto, baik di kamera depan, maupun kamera belakang.

Contohnya, mode AI Face Beauty yang secara halus bisa meningkatkan fitur wajah menggunakan pemodelan 3D. Fitur tersebut juga secara otomatis dapat menyesuaikan perilaku foto pengguna, dan otomatis mengatur tingkat modifikasi supaya terlihat tetap natural.

Selain itu, teknologi AI pun mendukung pengguna untuk mengambil foto profesional dalam berbagai situasi. Dengan kondisi pencahayaan yang minim, namun hasil foto dari kamera smartphone konvensional bisa menjadi buram lantaran keterbatasan resolusi.

Meski begitu, dengan kemajuan teknologi AI di smartphone, kalkulasi pencahayaan dan pengenalan sumber cahaya mampu memaksimalkan foto yang ditangkap untuk menghasilkan foto yang tetap detail nan jernih. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA