7 Bulan Tinggal di Tenda Darurat, Warga Ciamis Ini Akhirnya Dapat Bantuan Bangun Rumahnya

7 Bulan Tinggal di Tenda Darurat, Warga Ciamis Ini Akhirnya Dapat Bantuan Bangun Rumahnya. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Setelah tujuh bulan tinggal di tenda darurat bantuan dari BPBD Kabupaten Ciamis, keluarga Salim (80), dan Mae (65), kini akhirnya mendapat bantuan dari program Jabar Bergerak untuk pembangunan rumahnya.

Ketua Bidang Sosial Jabar Bergerak, Rika Ratna Santika, mengatakan, saat ini pihaknya tengah memberikan bantuan biaya untuk pembangunan rumah keluarga Salim, warga Dusun Tuban, RT.01/06, Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang tinggal di tenda darurat.

“Belum lama ini kita menerima pengajuan dari rekan-rekan Mata Hati, terkait persoalan yang menimpa keluarga Pak Salim. Kebetulan Ibu Gubernur yang menerima laporan itu langsung menugaskan kami untuk bergerak dan memberikan bantuan ke sini. Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat bagi keluarga Pak Salim,” terangnya, Rabu (27/02/2019).

Lebih lanjut Rika menjelaskan, Jabar Bergerak memiliki tujuan untuk menangani kasus-kasus sosial yang terjadi di masyarakat. Di dalamnya terdapat beberapa divisi, mulai dari divisi sosial, kesehatan, agama, budaya, dan pariwisata.

Pihaknya juga selalu tebuka bagi warga Jawa Barat untuk memberikan laporan atau pengaduan langsung melalui situs Instagram, Facebook serta media sosial lainnya.

“Silahkan bagi warga yang benar-benar di daerahnya ada persoalan seperti Pak Salim ini, jangan sungkan untuk melaporkan kepada kami. Insya Allah, setiap pengaduan nanti kita akan lakukan survey, dan jika memang benar-benar dalam kondisi darurat, ya kita akan segera turunkan bantuan,” kata Rika.

Sementara itu, Ketua Koordinator Mata Hati Banjarsari, Mohammad Abid Buldani, mengatakan, setelah adanya keluhan dari masyarakat, pihaknya langsung melakukan investigasi ke lapangan.

“Awalnya kita mendapatkan keluhan dari masyarakat. Setelah itu kita lakukan survey ke lapangan. Setelah semua data kita dapatkan, selanjutnya kita menghubungi Jabar Bergerak, dan Alhamdulillah, setelah kurang lebih satu minggu kini sudah terealisasi,” tuturnya.

Abid Buldani juga berjanji, dalam pelaksanaan pembangunan rumah Pak Salim, pihaknya akan terus memantau dan mengawal hingga pembangunan rumah tersebut selesai.

Pantauan HR Online di lokasi, Salim dan Mae tampak begitu terharu ketika dirinya mendapatkan bantuan dari Jabar Bergerak. Sambil terbata-bata, Salim mengucapkan terima kasihnya dengan penuh kegembiraan.

“Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada petugas yang telah memberikan bantuan untuk saya. Saya tidak bisa bicara apa-apa lagi selain ucapan terima kasih,” ungkap Salim.

Ucapan terima kasih juga diungkapkan Kepala Desa Ratawangi, Tarsono, kepada petugas Jabar Bergerak dan pihak Mata Hati Banjarsari yang telah membantu memberikan bantuan secara langsung bagi warganya.

“Tentunya juga saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Gubernur Jabar yang telah memberikan bantuan kepada warga saya. Tak lupa terima kasih juga untuk rekan-rekan dari Mata Hati yang telah berperan besar dalam kegiatan sosial di lingkungan Banjarsari. Semoga semua kerja keras rekan-rekan bisa terus berjalan dan mendapat lindungan dari Allah. Insya Allah amanah ini akan kita jalankan dengan penuh tanggung jawab,” ucap Tarsono. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA