Begini Cara Mengusir Nyamuk dengan Aman dan Mudah

Ilustrasi cara mengusir nyamuk. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Musim hujan sekarang ini salah satu penyakit yang patut diwaspadai adalah demam berdarah yang berasal dari nyamuk. Supaya tidak menjangkit ke keluarga, maka diperlukan penanganan atau cara mengusir nyamuk.

Seperti diketahui, dengan melimpahnya air di saat musim hujan sekarang ini, maka proses perkembangbiakan nyamuk menjadi lebih cepat. Untuk itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan menghindari genangan air agar nyamuk tidak mudah berkembangbiak.

Sementara jika sudah terlanjut banyak nyamuk baik di dalam atau luar rumah, perlu penanganan khusus. Cara mengusir nyamuk bisa dengan menggunakan bahan yang sudah tersedia di toko seperti obat nyamuk, baik elektrik, cair atau lainnya.

Namun ada cara yang lebih aman dan mudah untuk mengusir nyamuk. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini bahan atau benda yang bisa mengusir nyamuk dan caranya.

# Kopi

Kopi bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai ‘teman’ bagi yang suka begadang, namun ternyata bisa menekan berkembangbiaknya nyamuk.

Apa alasannya sehingga kopi merupakan cara untuk mengusir nyamuk? Ya, bubuk kopi bisa membunuh dan menggagalkan telur nyamuk berkembangbiak, hal itu disebabkan karena kekurangan oksigen.

Cara mempraktekannya tidak lah sulit. Sebarkan bubuk kopi yang sudah disiapkan ke tempat genangan air yang sulit surut atau kering. Bisa di pekarangan atau halaman rumah.

# Bawang Putih

Bawang putih sudah terkenal untuk kesehatan tubuh. Selain untuk mengusir tikus, bawang putih juga bisa mengusir bahkan membunuh nyamuk. Bawang putih memiliki bau yang khas dan itu berasal dari senyawa aktif atau dinamakan allicin. Setelah  memakan bawang putih maka bau tersebut akan keluar dari pori-pori kulit.

Manfaat bawang putih bisa menghindari dari hisapan nyamuk yang mengganggu. Dengan aroma khas tersebut maka nyamuk tidak akan mendekati. Kandungan sulfur dari bawang putih sangat dibenci oleh hampir seluruh jenis serangga termasuk nyamuk.

Caranya sangat mudah, setelah menyiapkan bawang putih kemudian kelupas bagian kulit dari bawang itu, setelah itu diiris dan dicincang kemudian sebarkan ke tempat yang biasa menjadi sarang nyamuk.

Atau cara mengusir nyamuk menggunakan bawang putih yaitu dengan membuat obat nyamuk cair. Siapkan beberapa siung bawang putih lalu direbus. Hasil rebusan bawang putih ini masukkan ke dalam botol spray, dan semprotkan ke tempat yang banyak nyamuknya.

# Cengkeh serta Lemon

Tidak jauh berbeda dengan bawang putih, dua bahan ini yaitu cengkeh dan lemon juga mempunyai bau yang dibenci oleh serangga. Jika dua bahan itu dicampurkan, maka hasil perpaduannya akan mengeluarkan bau yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan lemon yaitu belah buah itu menjadi dua bagian atau bisa juga potong tebal-tebal. Lalu tancapkan cengkeh ke lemon. Simpan cengkeh dan lemon itu ke tempat yang banyak nyamuknya. Jika tidak ada lemon maka alternatif lainnya memakai jeruk nipis.

# Serai

Selain bahan alami yang di atas, serai juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Bumbu masak ini bisa mengeluarkan bau khas yang pasti tidak disukai oleh mahkluk penghisap darah ini.  

Potong serai yang sudah Anda siapkan supaya bau yang khas itu bisa keluar. Dan letakkan irisan serai tersebut ke tempat yang banyak nyamuknya.

# Warna Terang

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh New Jersey Agricultural Experiment Station di Rutgers University, ternyata nyamuk tidak menyukai warna terang dan lebih betah untuk warna yang gelap.

Pasalnya, menurut penelitian tersebut, warna gelap ini bisa menyerap serta menyimpan  karbondioksida yang dihasilkan oleh tubuh, serta nyamuk menyukainya.

Sehingga tidak aneh jika tidur dengan lampu kamar dimatikan, maka nyamuk sering terbang bahkan suaranya mengganggu telinga. Nyamuk sangat menyukai warna rambut yang gelap. Untuk itu gunakan warna terang di rumah terutama kamar dan lain sebagainya. Seperti gordyn, seprai atau pakaian yang berwarna terang. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA