Cabai Merah Ciamis Dibeli TTIC Kementan

Cabai Merah Ciamis Dibeli Kementan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kementrian Pertanian (Kementan) melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC), menjawab keluhan petani cabai di Kabupaten Ciamis terkait anjloknya harga cabai merah di pasaran.

TTIC pun menyerap dan membeli hasil panen cabai petani, tepatnya di salah satu sentra cabai merah yang ada di wilayah Kecamatan Sukamantri, Selasa (26/02/2019).

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi, Selasa (26/02/2019), menjelaskan, upaya tersebut sengaja dilakukan pihaknya untuk membantu petani cabai menghadapi persoalan anjloknya harga cabai.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Ciamis, Kustini, menuturkan, hasil produksi cabai yangmelimpah mengakibatkan harga cabai anjlok.

Sementara itu, Pengurus Gapoktan Sindanglaya, Nono Suwarno, mengaku bersyukur, hasil pertanian, khususnya cabai merah kriting yang diproduksi petani, diserap dan dibeli oleh TTIC Kementan.

“Kemarin, cabai merah keriting anjlok hingga Rp.3.500 perkilogram. Dan TTIC membelinya dengan harga Rp.6.000 perkilogram,” katanya.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP, Risfaheri, menambahkan, cabai yang dibeli dari petani cabai Ciamis akan dijual dan dipasarkan melalui program pangan murah. Program pangan murahtersebut dilaksanakan di pasar dan komplek perumahan di wilayah Jabodetabek.

“Disana (Jabodetabek), harga cabai masih tinggi. Selain itu, kami akan memasarkan cabai dari petani Ciamis di TTIC dan Toko Tani di wilayah Bandung,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA