Cara Download Video di FB dengan Atau Tanpa Aplikasi untuk HP Android

Cara Download Video di FB
Cara Download Video di FB. Foto Ist/net

Cara download video di FB atau facebook memang sering menjadi artikel yang paling banyak menarik pengunjung media browsing. Hal ini karena sering menjadi kendala saat orang sedang berselancar pada media sosial tersebut dan menyukai sebuah konten video yang tersaji.

Akan tetapi, tak jarang yang kesulitan untuk mengunduhnya dan menyimpan pada perangkat ponsel. Berikut adalah beberapa pembahasan mengenai cara-cara yang dapat anda lakukan jika ingin mengunduh pada Facebook.

Cara Download Video di FB

Facebook bukan hanya aplikasi yang memberikan kemudahan dalam berteman dan juga menjalin sebuah relasi saja. Akan tetapi, juga sebagai wadah untuk menyebarkan informasi atau berita.

Sebagai pelopor media sosial yang kini semakin marak tersaji untuk pengguna internet, Facebook selalu memberikan fitur keren untuk pengguna setianya. Salah satunya adalah fitur video.

Baca juga: Hobi Nonton? Ini Aplikasi Download Film Gratis di HP Android 2019

Semakin berkembang zaman dan juga teknologi, aplikasi yang tersaji untuk para pengguna juga semakin baik. Video yang terunggah tentu saja mampu menarik berbagai macam kalangan pengguna Facebook.

Tak jarang, video yang hadir menarik pengguna untuk mengunduh atau mendowloadnya. Facebook pertama kali hadir sebagai salah satu media sosial tahun 2004 dengan fitur yang kurang lengkap. Salah satunya cara download video di FB.

Perkembangan Facebook

Mark Zuckerberg adalah pendiri Facebook yang belum menambahkan fitur video dalam aplikasi buatannya tersebut. Kini, Facebook telah berkembang semakin pesat dengan fitur mengunggah dan juga memutar video. Bahkan juga kemampuan dalam menghadirkan fitur menandai teman dalam foto atau video.

Facebook juga telah banyak melakukan inovasi dalam membuat pengguna mereka betah dalam menikmati video-video yang tersaji. Apalagi sekarang telah hadir penambahan fitur video 360 degree yang semakin menarik saja.

Selain cara download video di FB, Facebook juga menambahkan fitur live streaming. Fitur ini memungkinkan anda dalam merekam peristiwa secara langsung dan dapat menyiarkan kepada pengikut Facebook.

Ternyata, selama 15 tahun ini para pengguna jarang mengunggah video yang mencapai hampir 47 persen halaman Facebook. Beragam alasan muncul yaitu karena dengan mengunggah video memerlukan waktu yang lebih lama.

Baca juga: Cara Upload Foto Agar tidak Pecah di Facebook

Kemudian, juga alasan karena mengunggah video pada aplikasi Facebook tak mendapatkan uang seperti yang ada pada YouTube. Video yang sering tersaji dalam halaman Facebook rata-rata memiliki durasi mencapai 55,3 detik. Cara download video di FB juga dapat anda lakukan.

Padahal, para pengguna atau penonton video tersebut hanya sekitar 18,2 detik saja dari keseluruhan video. Dengan demikian, berarti para pengguna Facebook hanya menonton dari satu per tiga video yang telah ada dalam Facebook tersebut.

Oleh karena itu, apabila anda ingin mengunggah video pada aplikasi Facebook, sebaiknya memiliki durasi sekitar 30 detik saja. Semakin pendek video yang anda unggah, maka akan semakin banyak video anda memiliki jumlah penonton yang banyak yang menonton hingga selesai. Cara download video di FB dapat anda pelajari dengan mudah.

Perkembangan Fitur Lainnya

Kelebihan video Facebook saat ini mampu mengunggah video dan memainkan atau memutar otomatis tanpa menekan tombol play. Hal tersebut karena Facebook telah melengkapi fitur dengan Auto Play.

Fitur Auto Play dapat berputar jika anda melewati video yang terunggah tersebut. Namun, tak akan memunculkan suara hingga anda sendiri yang berniat untuk memutarnya.

Tak jarang bagi anda yang ingin memutar video menarik tersebut, tetapi khawatir kuota anda menipis. Sehingga, anda dapat melihat video tersebut saat sedang oofline atau ingin membagikan kepada orang-orang terdekat.

Namun, anda harus mendownloadnya terlebih dahulu sebelum dapat melakukan semua itu. Berikut adalah cara download video di FB yang dapat anda pelajari. Terdapat beberapa cara yakni dengan bantuan aplikasi Android dan tanpa bantuan aplikasi.

Cara Download Video Facebook dengan Aplikasi Video Downloader for Facebook

Aplikasi Android hadir dengan berbagai macam kebutuhan anda. Para pengguna dapat mengunduh aplikasi Android melalui Google Playstore.

Salah satu aplikasi yang dapat anda pakai dalam mengunduh video Facebook adalah aplikasi ‘Video Downloader for Facebook’. Kemampuan aplikasi ini sudah mencapai lebih dari 50 juta pengguna yang mencobanya.

Langkah pertama dalam cara download video di FB yakni dengan instal aplikasi tersebut dan login dengan akun Facebook milik anda. Setelah berhasil login, maka anda dapat mencari video Facebook yang akan anda download.

Kemudian, anda dapat mengetuk video tersebut dan memilih ikon ‘Download’. Jika sudah berhasil, maka video yang anda pilih tersebut sudah dengan otomatis tersimpan pada galeri ponsel anda.

Cara Download dengan Aplikasi Video Downloader for Facebook by InShot Inc

Cara mendowload video Facebook selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi ‘Video Downloader for Facebook by InShot Inc. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat dengan mudah mengunduh video, baik feed, grup, atau halaman Facebook.

Caranya mudah, yakni download terlebih dahulu aplikasi ini melalui Playstore. Lalu, setelah terbuka, anda dapat segera login dengan akun Facebook. Selanjutnya pilih menu ‘Browse Facebook’.

Baca juga: Cara Mendownload Film di HP, dengan Aplikasi Nonton Film Terbaik

Setelah berhasil, anda dapat memilih video yang akan anda download. Cara download video di FB juga dapat dengan menentukan resolusi atau kualitas video. Misalnya dengan memilih kualitas HD atau kualitas Standar.

Apabila anda memiliki kapasitas memori internal yang tidak mencukupi, sebaiknya unduh dengan memilih kualitas yang standar saja. Kemudian, anda dapat menunggu proses pengunduhan. Secara otomatis, video akan tersimpan pada galeri ponsel anda.

Cara Download dengan MyVideoDownloader for Facebook

Cara download video di FB dengan aplikasi mengunduh aplikasi tersebut melalui Playstore. Aplikasi ini dapat anda pakai dalam mengunduh video dengan kualitas HD pada ponsel anda.

Sama persis dengan langkah awal, yakni mengunduh aplikasi MyVideoDownloader for Facebook dan login dengan akun Facebook anda. Setelah itu, anda dapat memilih video kesukaan anda yang ada pada Facebook dan mulai mengunduh.

Cari ikon ‘Download’ dan pilih folder yang akan anda pakai dalam menyimpan video tersebut. Selanjutnya klik ‘Download’ atau ‘OK’.Tunggu beberapa saat untuk proses pengunduhan video. Setelah itu, cara download video di FB dapat selesai dengan otomatis dan tersimpan pada galeri ponsel anda.

Cara Download Video Facebook Tanpa Aplikasi

Apabila anda malas atau merasa ribet dengan mengunduh aplikasi untuk video Facebook, maka dapat menggunakan langkah tanpa bantuan aplikasi. Anda hanya membutuhkan media browser, yang biasanya sudah tersedia pada ponsel anda.

Selanjutnya, anda juga memerlukan dukungan koneksi akses internet yang lancar. Situs browser yang akan anda pakai seperti SaveFrom, Dredown, atau FBdown.

Cara dari masing-masing situs hampir sama, yakni dengan membuka Facebook serta login dengan akun anda. Lalu, pilih video yang akan anda download serta pastikan jika video tersebut tersaji untuk publik.

Setelah menentukan video yang akan anda simpan, maka buka tab baru serta copy link dari situs video downloader. Kemudian cara download video di FB yakni paste link tersebut pada situs download yang telah terbuka.

Lalu klik ‘Download’. Jangan lupa memiliki kualitas video yang anda inginkan, mulai dari SD Quality atau HD Quality. Setelah anda memilih kualitas video, maka selanjutnya anda akan menuju pada halaman preview.

Klik dan juga tahan video tersebut sampai muncul menu ‘Download’. Setelah menu download muncul, anda dapat mengetuknya dan menunggu sampai proses selesai dalam pengunduhan.

Cara Download Video dengan Facebook Lite

Cara download video di FB berikut ini dengan menggunakan aplikasi bawaan Facebook, yakni Facebook Lite. Sebenarnya, aplikasi ini sama dengan aplikasi Facebook seperti biasanya, akan tetapi lebih sederhana dan ringan untuk penggunaannya.

Sehingga, anda juga dapat menghemat kuota internet. Namun, dengan kelebihan yang ringan dan hemat kuota, Facebook Lite juga mempunyai kekurangan.

Aplikasi ini tidak mempunyai fitur yang lengkap seperti yang ada pada Facebook biasanya. Namun, anda tetap dapat mengunduh video dengan menggunakan aplikasi ini.

Baca juga: Cara Download Video dari Twitter Dengan Aplikasi Praktis dan Mudah

Caranya, download terlebih dahulu aplikasi ini pada Playstore. Lalu setelah membukanya, anda dapat mencari video yang akan anda simpan. Copy link pada video dengan menekan ikon titik tiga pada kanan atas dari video tersebut. Kemudian pilih opsi ‘Copy Link’.

Selanjutnya, kunjungi website SaveFrom.net, lalu paste link tersebut pada kolom yang tersedia. Selanjutnya, anda dapat memilih ‘unduh MP4’ dan juga video bisa langsung terunduh ke galeri ponsel anda.

Dengan adanya beberapa cara download video di FB, maka memberikan panduan bagaimana kita dapat menyebarkan kembali video tersebut kepada orang-orang terdekat. Selain itu, kita juga dapat dengan mudah me-reupload video tersebut ke akun Facebook atau akun lainnya. Paling tidak, dapat memudahkan kita menyimpan video kesukaan untuk koleksi pribadi. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...