Begini Cara Download Video di Facebook Terbaru 2019

Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),–  Sebelum membahas bagaimana cara download video di Facebook terbaru 2019, ada baiknya Anda mengetahui fakta seputar fitur Facebook yang diluncurkan sejak Mei 2007 ini.

Fitur video di Facebook memang berkembang dengan pesat. Padahal pada tahun 2004, saat pertama kali Facebook diluncurkan oleh Mark Zuckerberg, Facebook belum memiliki fitur untuk mengunggah maupun memutar video. Kini bahkan fitur video di Facebook dilengkapi dengan kemampuan untuk menandai teman Anda, sama halnya ketika Anda mengunggah sebuah foto.

Facebook juga terus berinovasi untuk membuat penggunanya betah memutar video-video di Facebook, salah satunya adalah dengan video 360 degree yang membuat fitur ini semakin menarik. Video model ini membuat Anda bisa merasakan pengalaman seolah sedang ada di ruangan.

Perkembangan selanjutnya, Facebook menciptakan fitur live streaming. Fitur ini memungkinkan Anda untuk merekam kejadian secara langsung untuk disiarkan kepada teman-teman Facebook Anda.

Kini, 12 tahun sudah fitur video ada di Facebook, tetapi ternyata 47 persen halaman yang ada di Facebook tidak pernah menggugah video lho. Alasannya tentu saja karena prosesnya membutuhkan waktu dan kreativitas. Walaupun sebenarnya banyak juga aplikasi edit video yang bisa Anda download dari play store.

Alasan lainnya, ketika Anda mengunggah video dia Facebook, Anda tidak akan mendapatkan uang, hal ini berbeda dengan Youtube yang telah menciptakan para youtuber dengan penghasilan ratusan juta rupiah tiap bulannya.

Video yang diunggah di Facebook rata-rata memiliki durasi 55,3 detik, padahal para penontonnya hanya melihat video berdurasi panjang seperti itu sekitar 18,2 detik saja dari durasi video seluruhnya. Ini berarti para pengguna facebook hanya menonton sepertiga video yang diunggah di Facebook.

Karena itu, jika Anda ingin mengunggah video di Facebook, durasi optimalnya adalah di bawah 30 detik. Semakin pendek durasi video yang diunggah, maka semakin besar peluang video Anda untuk ditonton sampai tuntas.

Facebook juga memiliki fitur yang memungkinkan sebuah video yang diunggah, dimainkan secara otomatis tanpa Anda perlu menekan tombol play. Hal tersebut karena video di Facebook memiliki fitur auto play. Hal ini juga bisa berarti video yang ditonton bukan karena Anda sebagai pengguna facebook ingin menontonnya. Tetapi karena otomatis terputar saat kursor Anda tak sengaja melewati video di Facebook. Namun, fitur ini tidak akan bersuara hingga Anda ingin melihatnya karena keinginan sendiri.

Dengan perkembangan seperti itu, banyak video-video menarik dan unik yang diunggah di Facebook. Anda mungkin ingin melihatnya ketika sedang offline untuk menghemat kuota atau untuk dibagikan kembali di halaman Facebook Anda atau dibagikan melalui platform media sosial lainnya, seperti twitter atau instagram. Selain itu, Anda pun bisa membaginya di whatsapp. Untuk itu Anda perlu mendownload-nya terlebih dahulu.

Ada dua cara untuk download video di Facebook. Jika Anda menggunakan android maka Anda bisa mendownload video di Facebook dengan menggunakan aplikasi atau cukup dengan menggunakan peramban browser Anda.

Cara Download Video di Facebook dengan Aplikasi Android

Ada begitu banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mendownload video di Facebook. Ada dua aplikasi yang recommended karena mudah untuk digunakan. Pertama, Anda bisa mengunduh aplikasi ‘Video Downloader for Facebook’.  Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 50 juta kali ini cukup mudah untuk digunakan ketika ingin download video di Facebook.

Setelah Anda mengunduh aplikasi ini melalui playstore, Anda tinggal klik browse Facebook pada aplikasi, setelah itu telusuri video yang ingin Anda unduh. Mainkan video di Facebook yang ingin Anda unduh. Nanti akan muncul pilihan antara watch dan download, Anda tinggal pilih download. Video yang Anda download nantinya akan tersimpan dalam satu tempat penyimpanan (direktori).

Aplikasi kedua yang bisa Anda gunakan untuk download video di Facebook adalah ‘MyVideoDownloader for Facebook’. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menyimpan video dalam format HD. Jika Anda ingin mengirimkan video atau GIF yang ada di Facebook langsung ke whatsapp, aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara mengunduh video di Facebook dengan aplikasi ini cukup mudah. Anda cukup mencari video di Facebook yang ingin Anda download. Setelah itu, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas aplikasi. Nanti, akan muncul beberapa pilihan, Anda tinggal pilih download. Kelebihan aplikasi ini, selain download, Anda juga bisa menggunakannya untuk memisahkan foto yang Anda sukai, simpan, bagi dan lainnya.

Cara Download Video di Facebook Tanpa Aplikasi

Jika Anda kesulitan mengunduh video di Facebook dengan menggunakan aplikasi, atau Anda tidak ingin ribet dengan aplikasi yang harus Anda download terlebih dahulu dari play store, maka Anda bisa mengakses situs-situs download video.

Setidaknya ada tiga situs yang bisa Anda akses untuk download video di Facebook, yaitu situs Save From Net, situs FB Down Net, dan situs Dre Down Com. Ketiga situs ini bisa diakses melalui ponsel Android maupun PC komputer Anda.

Caranya pun tidak terlalu sulit, pertama Anda buka aplikasi Facebook, setelah Anda menemukan video yang ingin Anda download, tap tiga titip yang ada di pojok kanan. Anda salin tautannya (copy link), lalu pilih salah satu situs yang digunakan untuk download video di atas. Anda tinggal paste link yang sudah Anda salin tadi dan masukan pada kolom yang tersedia. Lalu, langkah terakhir Anda tinggal klik download.

Jika Anda terbiasa menggunakan Facebook Lite yang lebih hemat kuota, maka cara di atas bisa Anda gunakan juga untuk download video di Facebook tanpa aplikasi. Yang perlu Anda lakukan adalah menyalin tautan video yang ingin Anda download dari Facebook Lite untuk kemudian Anda salin di ketiga Situs Download Video tersebut. Selebihnya ikuti cara-cara di atas untuk download video yang Anda inginkan di Facebook.

Mudah bukan cara download video di Facebook? Kini Anda bisa mengunduh video-video menarik yang ada di Facebook sepuasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...