Cara Memblokir Facebook Orang Lain yang Mengganggu

Cara Memblokir Facebook Orang Lain yang Mengganggu. Foto: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),– Tidak selamanya berselancar di media sosial seperti Facebook menyenangkan. Ada kalanya Anda menghadapi akun-akun yang membagikan konten yang tidak sesuai dengan minat Anda, bahkan mengganggu. Ada pula akun-akun yang senang menyebarkan hoax atau bahkan mengajak Anda berdebat tentang pilihan politik. Semua itu tentu membuat Anda jengah. Namun, jangan khawatir karena ada cara memblokir Facebook orang lain yang menggangu. Dengan Anda memblokir akun Facebook yang dirasa mengganggu, maka timeline Facebook Anda akan ‘adem’ dan Anda akan semakin nyaman berekspresi di halaman profil Facebook Anda.

Facebook yang diluncurkan sejak tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg memang menjadi media sosial paling populer saat ini. Bahkan lebih dari 1 miliar pengguna Facebook tercatat dari seluruh dunia. Kepopuleran Facebook disebut-sebut karena banyaknya fitur yang menarik. Facebook yang memungkinkan semua orang saling terhubung dari seluruh dunia ini, kini juga dijadikan sarana mengekspresikan diri. Karena selain berteman, Anda bisa berbagai tulisan melalui status, berbagi berita, informasi, bahkan membagikan video yang menarik.

Anda sebagai pengguna Facebook bisa berteman dengan siapa saja dari seluruh dunia. Saat ini, memang facebook membatasi jumlah pertemanan untuk satu akun hanya 5.000 teman. Tetapi, jika sudah mencapai batasan tersebut, orang lain mungkin tidak bisa menjadi teman Anda di Facebook, tapi masih bisa menjadi follower akun Facebook Anda.

Facebook sebagai salah satu sosial media banyak dipenuhi dengan orang-orang yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Apalagi jika mengingat Facebook yang digunakan oleh semua orang dari seluruh dunia, tentu saja setiap individu di balik akun yang ada di Facebook juga semakin beragam.

Keragaman karakter ini tidak semuanya akan cocok dengan Anda. Anda yang tadinya berniat menghilangkan penat dengan Facebook, bisa tiba-tiba jengkel luar biasa, karena misalnya membaca atau menonton video yang dibagikan oleh teman Anda di Facebook lantaran kontennya berbau hoax.

Terkadang juga Anda mungkin mendapati akun-akun Facebook yang iseng dan mengganggu dengan seringnya melontarkan bullying atau pun membagikan gambar-gambar yang tidak pantas yang membuat Anda jengah.

Semua masalah itu sudah dipikirkan oleh Facebook. Mark Zuckernerg, pendiri Facebook tersebut sadar betul akan adanya berbagai ancaman dari tindakan-tindakan negatif yang mungkin terjadi di media sosial seperti Facebook. Facebook pun menyediakan fitur untuk mengatasi hal tersebut. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk memblokir akun lain yang dianggap mengganggu. Dengan memblokirnya, maka Anda menghapus akun tersebut dari daftar pertemanan.

Fitur ini akan memutuskan segala hal yang berhubungan dengan akun yang Anda blokir. Anda tidak bisa lagi melihat aktivitas satu sama lain. Begitu juga Anda tidak akan bisa lagi berkomunikasi selama Anda masih memblokir akun ‘menjengkelkan’ tersebut. Dengan pemblokiran tersebut, pengguna akun yang Anda blokir tidak akan lagi bisa melihat profil Anda maupun postingan Anda, menandai chatting maupun menambahkan Anda kembali sebagai teman. Begitu pun sebaliknya akun yang Anda blokir tidak akan lagi terlihat di kronologi, kecuali memakai akun Facebook lain yang berbeda.

Ketika Anda memblokir Facebook orang lain, maka pengguna akun yang Anda blokir tidak akan mengetahui secara langsung, karena tidak ada notifikasi bahwa Anda telah menghapus ataupun memblokir akun miliknya. Tetapi, mungkin pemiliknya akan menyadarinya saat dia tidak melihat lagi kiriman-kiriman postingan Anda di beranda atau kronologinya.

Cara Memblokir Facebook Orang Lain Melalui Situs Facebook di HP Android dan Laptop

Bagi Anda yang sudah jengkel dengan aktivitas seseorang di Facebook dan memutuskan untuk menggunakan fitur blokir pada Facebook, begini cara memblokir facebook orang lain: pertama tentu Anda harus login terlebih dahulu ke situs Facebook. Setelah itu Anda cari akun profil yang akan Anda blokir, buka akunnya kemudian pilih titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

Setelah muncul menu, langsung saja Anda pilih blokir. Anda akan melihat halaman yang meyakinkan Anda apakah ingin melanjutkan memblokir akun tersebut atau tidak? Jika sudah yakin, maka Anda bisa tekan tombol block dan selesai. Dengan menekan fitur tersebut maka Anda telah menghapus pertemanan dengan akun tersebut dan tidak akan bisa lagi melihat aktivitas satu sama lain.

Cara memblokir Facebook orang lain ini bisa dilakukan di HP android, baik melalui aplikasi Facebook maupun aplikasi Facebook Lite. Bisa pula melalui peramban di HP Anda atau peramban di PC laptop maupun komputer.

Namun jika Anda terbiasa membuka Facebook pada halaman peramban Opera Mini, ada sedikit perbedaan pada cara memblokir facebook orang lain ini. Tetapi, pada dasarnya Anda harus login terlebih dahulu, setelah itu cari akun yang akan Anda blokir, klik profilnya.

Saat terbuka profilnya, Anda akan menemukan ‘Lainnya’ di sebelah fitur ‘pesan’ atau message. Klik fitur ‘lainnya’ tersebut, di sana akan ada pilihan untuk: membatalkan pertemanan, berhenti mengikuti, blokir orang ini, dan beri masukan atau laporkan orang ini. Anda pilih ‘blokir orang ini’ maka Anda terbebas dari akun yang tidak ingin Anda lihat lagi kiriman-kirimannya.

Perlu diingat dengan pemblokiran tersebut maka Anda tidak akan lagi melihat status orang tersebut di kronologi Anda, tidak lagi bisa menandai Anda ketika ada update baru, tidak lagi bisa memberitahu Anda ketika ada acara atau membuat grup, tidak bisa lagi mendahului percakapan bersama Anda, dan tidak bisa lagi mengonfirmasi Anda menjadi temannya.

Jika suatu hari Anda ingin kembali berteman dengan akun tersebut Anda bisa membuka blokirnya dengan cara klik setting atau pengaturan, kemudian cari tombol blocking, setelah itu klik akun yang mau Anda buka block-nya, di sebelah nama tersebut, ada tombol unblocking atau batalkan block, klik tombol tersebut, maka Anda sudah bisa kembali menambahkan akun tersebut menjadi teman Anda kembali. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA