Cara Mencegah Sepatu Bau untuk yang Malas Pakai Kaus Kaki

Ilustrasi sepatu bau. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Tidak sedikit orang yang nyaman memakai sepatu tapi tidak mengenakan kaus kaki. Padahal memakai kaus kaki selain alasan kesehatan juga untuk mencegah keluarnya aroma tidak sedap karena sepatu bau.

Biasanya orang yang memakai sepatu sneakers lah yang tanpa mengenakan kaus kaki, karena sudah nyaman.

Sepatu bau bisa disebabkan oleh keringat yang nempel serta tidak terserap dengan baik. Dengan lembabnya bagian dalam sepatu, maka akan berkembang bakteri sampai membuat sepatu mengeluarkan aroma tidak sedap.

Apabila dibiarkan saja tentu bakal merusak atau menurunkan rasa percaya diri. Terlebih dalam keseharian sering berhubungan dengan orang banyak.

Lantas bagaimana cara cegah sepatu bau saat tidak mengenakan kaus kaki? Berikut ini tipsnya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Kaki harus tetap kering

Seperti diulas di atas, bahwa sepatu bau disebabkan oleh lembabnya di bagian dalam yang bisa bersumber dari keringat atau lainnya. Untuk itu, tips sederhananya yaitu menjaga kaki serta sepatu jangan sampai basah atau terus kering, terlebih ketika tidak memakai kaus kaki.

Jika memang Anda tidak suka memakai kaus kaki, maka cara supaya kaki tetap kering yaitu dengan sering melepaskan sepatu, sehingga kaki akan tertiup angin.

Tips lainnya, yang nyaman memakai sepatu tanpa kaus kaki maka bahannya (sepatu) harus terbuat dari katun atau kulit, sehingga kemungkinan besar kelembaban di bagian dalam sepatu akan menguap atau tidak ‘tinggal’ di dalam.

# Rajin bersihkan kaki

Kunci utama mencegah sepatu bau selain kering juga kaki tetap bersih. Membuat kaki tetap bersih sehingga tidak ada bakterinya yaitu dengan cara merendam.

Sebelum mandi, siapkan terlebih dulu baskom, garam epsom dan air hangat. Campurkan air hangat yang ada di baskom dengan garam epsom, kemudian rendam kaki sekitar 10-20 menitan, lakukan 2 kali seminggunya.

Apabila tidak ada garam Epsom, Anda bisa menggantinya dengan cuka apel sebanyak dua tetes. Untuk campuran larutan cuka ini supaya hasil maksimal dan bakteri enggan tinggal di kaki, maka lakukan seminggu sekali. Tapi perhatikan dulu apakah kaki Anda ada yang terluka/lecet atau tidak. Karena cuka apel bisa membuat iritasi pada kulit yang terluka.

Namun, apabila cara tersebut Anda malas melalukannya, maka yang mudah adalah dengan rutin membersihkan kaki smapai ke sela-sela ketika mandi. Dan, sesudah mandi kaki harus kering.

# Sepatu tetap kering

Selain faktor kaki, aroma tidak sedap juga bisa disebabkan oleh sepatu itu sendiri. Untuk itu, usahakan agar sepatu tetap kering dan jangan sampai menggunakan sepatu yang basah.

Jika memang cuaca panas yang pasti akan mengeluarkan keringat berlebih, maka menyempatkan sebentar untuk melepaskan sepatu dan simpan di bawah sinar matahari atau biarkan tertiup angin, tujuannya adalah supaya sepatu menjadi kering.   

# Pakai antiperspiran

Cara lain supaya kaki tetap kering sehingga bisa mencegah sepatu bau yaitu dengan menggunakan antiperspirant. Larutan berbentuk gel ini bisa mengurangi produksi keringat di kaki.

Larutan ini di dalamnya terkandung alkohol, yang bisa menjadikan kaki tetap kering, atau mengeringkan kaki lebih cepat serta bisa menyegarkan.

Apabila tidak ada antiperspirant, sebagai gantinya bisa memakai bedak. Selain menyerao keringat, bedak juga mampunyai aroma yang dapat ‘menyembunyikan’ bau tidak sedap.

Sebelum memakainya, terlebih dulu taburkan bedak tersebut di bagian sepatu. Tujuannya adalah menjaga sepatu tetap kering serta memperlambat berkembangnya bakteri yang menyebabkan sepatu bau.

# Gunakan sepatu yang lain

Yang nyaman memakai sepatu tanpa mengenakan kaus kaki, maka disarankan maksimal dua hari ganti dengan sepatu yang lain, atau jangan terus menerus memakai sepatu yang sama.

Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan sepatu tersebut supaya kering. Sehingga bisa menghindari sepatu bau yang memang bersumber dari kelembaban, baik sepatu atau kaki.

# Taruh baking soda

Bahan pembuat kue ini ternyata ampuh mengusir bau sepatu. Caranya pun tidak sulit, cukup masukkan baking soda ke dalam kertas saring. Lalu simpan baking soda itu di bagian dalam sepatu, dan diamkan satu malam. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA