Cara Mengusir Tikus di Dalam Mesin Mobil dengan Mudah

Ilustrasi cara mengusir tikus. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Hampir semua orang dibuat jengkel oleh tikus. Ya, hewan pengerat ini memang sering membuat ‘onar’ termasuk bagi pemilik mobil. Hewan ini kerap membuat ‘kamar’ terutama di ruang mesin. Lalu bagaimana cara mengusir tikus tersebut?.

Hampir setiap malam tikus kerap tidur di dalam kap mesin atau ruangan mobil lainnya. Terlebih jika cuaca malam hari yang dingin, bisa membuat tikus sangat betah untuk tinggal, karena nyaman serta hangat.

Permasalahannya adalah bukan hanya membuat mobil menjadi bau yang tidak sedap dan kotor, tapi juga tikus ini kerap memakan kabel mesin mobil bahkan ada yang sampai putus. Akibatnya, mobil menjadi bermasalah.

Masalah yang timbul oleh tikus antara lain kabel terkelupas atau putus. Apabila kabel tersebut putus atau terbuka dan ada arus listriknya yang bersumber dari accu bisa berbahaya, karena dapat menimbulkan korsleting.

Selain itu juga bisa menyebabkan selang radiator menjadi bocor. Jika selang tersebut bocor maka mesin menjadi cepat panas, karena radiator berfungsi sebagai pengingin mesin.

Agar hewan menjijikan dan menjengkelkan ini tidak membuat masalah lagi terutama untuk mobil kesayangan Anda, maka harus segera diatasi. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara mengusir tikus di dalam mobil.

# Kapur barus

Tips yang mudah dan murah meriah adalah dengan menggunakan kapur barus atau kamper. Cara mengusir tikus dengan kamper ini bukan hanya menjadikan hewan pengerat itu pergi namun bisa menghilangkan bau tidak sedap.

Bau yang keluar dari kapur barus ini menghalau tikus, karena binatang tersebut anti pada aroma menyengat.  

Caranya adalah menyebarkan kamper ke daerah sekitar mesin atau dalam ruang mobil. Tapi ketika menyebarkannya diusahakan tersebar dengan rata, pasalnya apabila tidak rata maka tikus kemungkinan besar akan berpindah ke tempat atau sudut yang lain.

Selain kapur barus, Anda juga bisa memakai peppermint atau obat menyengat lainnya yang tersedia di toko.

# Pakai mengkudu

Sama halnya dengan kapur barus, buah mengkudu atau nama lainnya pace juga mengeluarkan aroma yang menyengat. Dengan bau tersebut bisa dipastikan tikus akan pergi atau tidak bakalan kembali lagi.

Cara mengusir tikus dengan menggunakan mengkudu yaitu potong buah itu menjadi beberapa bagian dan berbantuk kotak-kotak. Lalu simpan di mangkok dan diletakkan di tempat yang sering menjadi jalan tikus, bisa di kolong kap mesin atau di sekitar mesin.

# Cairan pengusir tikus

Sebelumnya memakai cairan ini untuk mengusir tikus, terlebih dulu siapkan semprotan atau sprayer. Kemudian semprotkan cairan tersebut di sekitar daerah mesin mobil.

Masalahnya, jika hanya menyemprotkan saja pasti tidak akan bertahan lama, karena efek dari cairan pengusir tikus itu akan hilang ketika mesin mobil dinyalakan. Untuk itu, bisa diganti dengan menggunakn kain lap yang dapat menyerap cairan.

Seprotkan cair tersebut ke kain lap sampai basah, lalu simpan/diselipkan di sekitar mesin dengan cara diikat.

Lalukan cara tersebut jika mobil dalam keadaan diam atau mesin mobil tidak menyala, terlebih pada malam hari.

# Memasang lampu LED low voltage

Cara mengusir tikus lainnya dengan memasang lampu LED ultra low voltage. Meski dayanya hanya tidak lebih dari satu watt, tapi mujarab untuk menghalau dan menghalangi tikus untuk masuk ke dalam ruang mesin mobil.

Ternyata tikus tidak hanya takut atau anti terhadap bau yang menyengat, melainkan juga sangat tidak suka tinggal di tempat yang terang. Sehingga tidak salah jika tikus mempunyai kebiasaan untuk tinggal di tampat yang gelap, seperti atas rumah, gudang, atau di dalam ruangan mesin mobil.

Letakkan lampu LED tersebut di ruangan mesin. Jangan kupa, ketika mobil tidak dipakai, lampunya harus tetap nyala, pasalnya hewan pengerat ini bakalan masuk saat mobil terparkir atau mesin mobil tidak hidup.

# Memanaskan mesin mobil

Umumnya mobil yang sering menjadi sarang tikus yang jarang dipakai atau tersimpan di dalam garasi dalam waktu yang lama. Olah karena itu, usahakan untuk menyalakan atau memanaskan mesin mobil setiap harinya, paling tidak dalam waktu 3 sampai 7 menit seharinya. Dengan rutin memaskan mobil, maka tikus bakalan enggan untuk masuk ke dalam mesin mobil. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA