Cara Mudah Hilangkan Lemak Tanpa Diet

Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com), – Hilangkan lemak tanpa diet? Emang bisa? Berbagai macam metode diet banyak dilakukan oleh mereka yang ingin berat badannya turun. Namun, terkadang jika melanggar salah satu pantangan diet maka bukan tidak mungkin yang berat badannya sudah turun, malah berbalik menjadi naik kembali. Lalu apa gunanya bersusah payah diet jika akhirnya berat badan tidak turun dan lemak di tubuh Anda malah meningkat?

Bagi Anda yang sudah melakukan berbagai macam metode diet, tetapi selalu gagal karena berbagai faktor, ini saatnya Anda mencoba menghilangkan lemak tanpa diet yang menyiksa. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan lemak tanpa diet yang bisa Anda lakukan dengan mudah:

Kunyah Makanan Secara Perlahan

Mengunyah makanan dengan terburu-buru membuat Anda susah kenyang. Hal ini karena makanan yang Anda kunyah sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Sebaliknya, jika Anda membiasakan diri mengunyah makanan secara perlahan maka Anda bisa merasa kenyang lebih cepat.

Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan mereka yang makan dengan cepat, berat badannya akan lebih cepat naik daripada mereka yang makan dengan perlahan. Jika Anda terbiasa mengunyah makanan dengan terburu-buru, mungkin Anda bisa memulai mengubah kebiasaan buruk itu dengan menghitung seberapa banyak Anda mengunyah makanan yang sedang dimakan.

Jauhi Gadget dan Televisi Ketika Sedang Makan

Mereka yang terbiasa makan sambil bermain gadget atau menonton televisi cenderung lupa seberapa banyak makanan yang sudah mereka telan. Jika Anda terbiasa makan sambil bermain smartphone atau sambil menonton terlevisi sebaiknya mengubah kebiasaan tersebut. Karena dengan menjauhi gadget dan televisi saat makan, akan membantu Anda untuk makan lebih sedikit.

Peneliti dari University of Birmingham mengungkap mereka yang teralihkan perhatiannya saat makan akan memakan 10% makanan lebih banyak dibanding mereka yang fokus terhadap makanan yang sedang dimakannya. Bukan itu saja, penelitian tersebut juga menyebutkan, mereka yang tidak fokus saat makan karena terganggu oleh gadget maupun televisi akan memakan lebih banyak 25% kalori. Jika Anda terbiasa melakukannya setiap hari, hal tersebut akan memengaruhi berat badan Anda dalam jangka panjang.

Letakkan Makanan yang Berlemak di Tempat yang Tak Terlihat

Terlihat sepele, tetapi dengan menjauhkan makanan yang berlemak di tempat yang tidak terlihat akan membantu Anda menjauhi godaan untuk ‘ngemil’. Letakkan makanan yang berlemak di tempat tertutup Sebaliknya, taruhlah makanan sehat seperti buah-buahan dan makanan rendah lemak di tempat yang mudah Anda lihat, sehingga ketika Anda lapar, Anda akan memilih makanan yang sehat tersebut sebagai penunda lapar.

Tidak Makan Menjelang Tidur

Ketika Anda terbiasa makan sebelum tidur, metabolisme tubuh Anda akan ‘kerepotan’ dan bekerja lebih keras karena diperlukan 2 jam untuk tubuh memproses makanan. Kurangnya aktivitas sebelum tidur akan mengubah kalori yang masuk menjadi lemak, alih-alih mengubahnya jadi energi. Hal ini yang membuat kebiasaan makan sebelum tidur ini menjadi penyebab menumpuknya lemak di perut.

Kurangi Besar Wadah Makanan Anda

JIka Anda menggunakan piring atau mangkuk yang lebih besar maka makanan yang Anda konsumsi akan semakin besar pula. Mengurangi besar wadah makanan juga merupakan cara ampuh untuk mengurangi porsi makan.

Jangan Lewatkan Sarapan

Banyak orang yang menyepelekan sarapan dan sering melewatkannya, padahal sarapan sangat penting untuk membuat berat badan Anda stabil. Penelitian menunjukkan orang yang tidak melewatkan sarapan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah daripada mereka yang sering melewatkan sarapan.

Elizabeth Ward, penulis buku Pocket Idiot’s Guide to the New Food Piramids, mengatakan, banyak orang berpikir melewatkan sarapan adalah cara bagus untuk mengurangi kalori, padahal mereka yang melewatkan sarapan di pagi hari justru akan makan lebih banyak sepanjang hari.

Minum Air Putih Sebelum Makan

Minum air putih sebelum makan akan membantu Anda mengurangi rasa lapar dan makan lebih sedikit, Karena itu dianjurkan untuk tidak langsung makan camilan saat Anda dilanda lapar, lebih baik perbanyak minum air putih yang bisa mengurangi rasa lapar.

Selain itu, hindari minuman manis yang mengandung kalori tinggi, seperti minuman berkarbonasi, soda, maupun jus yang mengandung banyak gula. Jika Anda mengganti minuman tersebut dengan air putih, hal ini akan menimbulkan efek lebih besar terhadap rasa lapar Anda.

Cara-cara di atas bisa Anda praktekkan untuk mengurangi asupan kalori yang berlebihan yang bisa menumpuk menjadi lemak. Mudah bukan hilangkan lemak tanpa diet? (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA