Daftar Makanan yang Wajib Dihindari Setelah Olahraga Lari

Olahraga Lari. Foto : net/ist

Berita Olahraga, (harapanrakyat.com),- Olahraga lari paling banyak digemari oleh semua kalangan. Pasalnya, olahraga ini selain murah atau tidak mengeluarkan biaya yang besar tapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama membakar lemak serta membuat jantung tetap sehat.

Meski olahraga lari banyak manfaatnya untuk kesehatan, tapi manfaatnya itu akan berkurang jika setelahnya tidak diperhatikan baik minuman atau makanan. Salah memilih menu minuman untuk mengganti cairan yang hilang dan menambah energi dengan makanan, bisa membuat berkurangnya manfaat dari berlari.

Berikut ini daftar makanan yang wajib dihindari setelah melakukan olahraga lari, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

# Cokelat

Makanan yang satu ini memang paling banyak penggemarnya dan disukai, sehingga sulit untuk menghindarinya. Tapi, jika sudah melakukan olahraga lari, sebaiknya hindari dulu.

Pasalnya, salah satu manfaat dari olahraga yaitu mempercepat proses metabolisme, sementara cokelat sendiri malahan menjadi lambat proses metabolismenya.

# Smoothie

Smoothie merupakan minuman yang bahannya menggunakan buah, sayur, sirup, susu tawar cair, gula serta es batu. Smoothie hampir sama dengan jus namun teksturnya lebih pekat.

Dengan campuran dari bahan tersebut siapa sih yang tidak ingin mencobanya. Walaupun enak, namun minuman yang satu ini tidak boleh diminum setelah olahraga lari.

Tujuan olahraga jika berat badannya ingin berkurang atau membakar lemak, disarankan jangan meminum smoothie. Hal itu dikarenakan, proses pembakaran lemak menjadi terhambat.

# Makanan pedas

Sehabis berolahraga tentu yang diperlukan oleh tubuh adalah makanan namun yang tidak sulit untuk dicerna. Sehingga, hindarilah mengonsumsi makanan yang pedas, karena bisa mengganggu sistem pencernaan.

# Sayur mentah

Makanan yang patut dihindari setelah melakukan aktivitas olahraga lari yaitu sayuran mentah. Biasanya makanan yang dari sayuran mentah adalah salad.

Memakan salad memang bisa mengurangi berat badan, tapi jika memakannya setelah berolahraga itu tidak baik. Pasalnya, sehabis olahraga tentu keringat serta energi banyak yang keluar, sehingga yang paling dibutuhkan adalah makanan yang kaya akan karbohidrat serta kalori.

# Kacang-kacangan

Serat yang tinggi pada kacang-kacangan tentu sangat tidak baik untuk pencernaan sehabis olahraga lari. Karena, dengan serat tinggi ini tidak bisa dicerna dengan mudah dan malahan membuat masalah di pencernaan.

Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang almond mengandung lemak tinggi yang tidak baik untuk dimakan sehabis berolahraga. Pasalnya, bisa memperlambat proses metabolisme tubuh. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA