Daftar Ponsel dengan Radiasi Terendah, Samsung Mendominasi

Ilustrasi radiasi smartphone. Foto: net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Meski masih menjadi pro dan kontra, namun efek dari radiasi smartphone tidak bisa disepelekan. Pasalnya, tidak sedikit para ahli mengungkapkan bahwa ponsel memiliki radiasi yang bisa berbahaya terhadap kesehatan.

Walaupun tidak sedikit juga yang mempertentang hal tersebut, tapi sebagai bahan informasi German Federal Office for Radiation Protection (Kantor Federal Jerman untuk Perlindungan Radiasi) baru-baru ini mengeluarkan rilis daftar radiasi ponsel.

Dalam penelitian itu, Kantor Federal Jerman menemukan emisi radiasi smartphone dari tingkat terendah sampai tertinggi.

Ponsel yang memancarkan radiasi rendah tahun 2019. Sumber: Statista

Melansir dari Phone Arena, penelitian dilakukan pada ponsel pintar baik keluaran baru atau lama dan maupun yang terkenal. Mereka mendata didasarkan pada pancaran radiasi dalam watt per kilogram. Dalam laporannya, bahwa radiasi smartphone dengan nilai rendah berarti bisa dikategorkan aman.

Dari laporan tersebut, ternyata smartphone dengan radiasi yang rendah didominasi oleh produk dari vendor asal Korea Selatan, Samsung. Sedangkan sisanya ada dari ZTE, Motorola, serta LG.

Untuk tingkat radiasi smartphone yang terendah diduduki oleh Samsung Galaxy Note 8, hanya 0,17 watt per kilogram, saat ponsel tersebut ditempatkan langsung ke telinga tidak menggunakan aksesoris lainnya.

Hasil serupa juga didapatkan oleh smartphone besutan ZTE seri Axon Elite yang memancarakan emisi radiasi 0,17 watt per kilogram. Tempat selanjutnya dari LG seri G7 serta Samsung A8, dengan emisi radiasi hanya 0,24 watt per kilogram.

Sedangkan seri Samsung lainnya yang memancarkan radiasi rendah antara lain S8, S8 Plus, S7 Edge, Galaxy S9 Plus, Galaxy J6 Plus, Galaxy J4 Plus, serta Galaxy S8.

Menurut Martin Amstrong, seorang jurnalis data, data tentang mendominasinya Samsung ternyata berbanding terbalik dengan kompetitor lainnya, seperti Apple atau Xiaomi.

Untuk ponsel besutan Apple yaitu iPhone 7, tingkat radiasinya tinggi dengan nilai 1,38 watt per kilogram, kemudian iPhone 8 dengan memancarkan emisi radiasi 1,32 watt per kilogram.

Bukan hanya iPhone saja, OnelPlus serta Xiaomi juga memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Radiasi smartphone Xiaomi yang paling tinggi adalah seri Mi A1. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA