Dijamin Manjur! Ini Bahan Alami untuk Sembuhkan Sakit Gigi

Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com), – Sakit gigi memang paling mengganggu, gigi yang bentuknya kecil ini, bisa mengacaukan segala aktivitas jika mendadak terasa nyut-nyutan. Bahkan suara ribut orang-orang di sekitar akan menambah ngilu gigi Anda. Jika begitu, mungkin Anda perlu mempertimbangkan bahan-bahan alami untuk sembuhkan sakit gigi yang Anda derita.

Penyebab Sakit Gigi

Sebelum membahas mengenai bahan alami untuk sembuhkan gigi, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab sakit gigi. Hal tersebut berguna untuk menghidarkan diri dari sakit gigi yang Anda derita. Berikut penyebab sakit gigi yang perlu Anda ketahui:

1.Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang biasanya disebabkan oleh karies gigi. Karies gigi ini biasa dibilang gigi busuk. Karies terjadi ketika ada pembusukan gigi yang menembus rongga kecil pada lapisan terluar gigi dan mempengaruhi bagian dalam gigi. Pertama Anda akan merasakan gigi Anda makin sensitif, tetapi jika dibiarkan kondisi seperti ini bisa membuat gigi berlubang.

Jika Karies gigi sampai pada stadium lanjut, pembusukan akan berlangsung hingga ke lapisan terdalam gigi atau biasa disebut pulp. Hal tersebut bisa mengakibatkan rasa sakit yang intens dan tajam. Jika terjadi infeksi maka bisa menyebabkan kematian gigi hingga abses atau penggumpalan nanah pada bagian bawah akar gigi. Jika infeksi menyebar maka gigi akan menjadi rusak parah disertai dengan penyakit gusi

2. Gigi Sensitif

Sakit gigi karena gigi sensitif ini memang paling menyiksa, bukan hanya gigi yang terasa nyut-nyutan, tetapi sakitnya biasanya menjalar hingga ke gusi bahkan beberapa diantaranya diiringi dengan sakit kepala. Akibatnya untuk makan, minum bahkan tidur pun terganggu, apalagi aktivitas sehari-hari. Tak jarang ada yang sampai menangis Karena tak tahan oleh gempuran rasa sakit yang menyerang gigi.

Jika gigi Anda termasuk sensitif, Anda akan terganggu dengan nyeri tajam ketika makan atau minum sesuatu yang panas maupun dingin. Penyebabnya adalah karena garis gusi surut hingga permukaan akar gigi menjadi terbuka, hal ini biasa disebut resesi gusi. Selain itu, gigi sensitif juga bisa disebabkan karena penipisan enamel atau lapisan terluar gusi. Bukan hanya itu, perawatan gigi seperti pengangkatan gigi busuk, kawat gigi atau gigi palsu bisa juga menyebabkan gigi sensitif.

3. Penyakit Gusi

Radang pada gusi terjadi karena adanya penumpukan plak gigi di sekitar gusi, penumpukan plak ini yang menyebabkan gusi Anda meradang dan akan terasa menyakitkan. Bakteri pada plak gigi akan mengakibatkan gusi Anda bengkak, merah bahkan berdarah. Jika terus berlanjut, Anda akan terkena gingivitis. Hal ini yang menyebabkan penyakit gusi Anda akan terus berlanjut hingga peluang Anda terkena sakit gigi yang berulang akan semakin besar.

4. Kebiasaan Buruk yang Menimbulkan Kerusakan pada Gigi

Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan kerusakan gigi. Salah satunya adalah menggeratakkan gigi yang dapat menyebabkan kerusakan pada saraf. Kebiasaan ini biasanya tidak disadari, jika Anda stress atau sedang emosi dan mengalami ketegangan, Anda tidak sadar menggeratakkan gigi. Maka ketika Anda mendapati gigi Anda lebih sensitif, jadi terlihat lebih kuning atau permukaannya datar, atau ketika Anda bangun terasa sakit pada rahang, mungkin Anda menggeratakkan gigi saat tidur.

Selain menggeratakkan gigi, kebiasaan yang salah ketika menggosok gigi juga dapat menyebabkan gigi senat-senut. Misalnya menyikat gigi terlalu sebentar, menyikat gigi terlalu keras, asal gosok, langsung berkumur setelah menyikat, langsung menyikat gigi setelah makan dan salah pilih sikat gigi bisa menyebabkan sakit gigi.  

Cara Ampuh Sembuhkan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Sakit gigi ini memang menyiksa, celakanya, ketika Anda datang ke dokter gigi, Anda hanya akan diberi obat pereda sakit. Saat Anda meminta gigi Anda dicabut, dokter biasanya akan menolaknya. Hal itu karena mencabut gigi ketika sedang sakit, dikhawatirkan mengganggu syaraf. Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sakit gigi:

1.Garam

Garam dipercaya oleh orang-orang sebagai obat sakit gigi yang paling ampuh. Hal ini wajar karena sodium yang tinggi yang terdapat pada garam dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, garam juga merupakan antiseptik alami untuk mengatasi bau mulut.

Caranya cukup mudah, masukkan garam ke dalam segelas air hangat. Aduk sampai larut, lalu berkumurlah dengan air garam tersebut selama beberapa menit. Pastikan Anda menggosok gigi terlebih dahulu agar tidak ada sisa makanan di sela-sela gigi Anda yang sedang sakit.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah maupun bawang putih merupakan salah satu bahan alami untuk sembuhkan sakit gigi. Hal tersebut karena bawang merah memiliki antiseptic dan anti mikrobal yang bisa membunuh bakteri penyebab infeksi pada gigi.

Anda cukup mengunyah bawang merah di gigi yang sedang senut-senut selama beberapa menit. Jika tak mampu mengunyah bawang merah, Anda bisa mengiris tipis bawang merah, lalu letakkan irisan bawang merah mentah tersebut pada gigi Anda yang sakit.

Sementara untuk bawang putih, terlebih dahulu Anda harus menumbuknya hingga lembut, lalu campurkan satu sendok teh garam, baru Anda tempelkan bawang putih yang sudah ditumbuk tersebut di gigi yang sedang sakit. Bawang putih akan melepaskan zat alicin, yaitu minyak alami yang berfungsi untuk melawan penyakit, zat inilah yang dapat mengurangi senat-senut pada gigi Anda.

3. Cuka

Cuka dapur maupun cuka apel merupakan bahan alami untuk sembuhkan sakit gigi. Kedua jenis cuka ini mengandung anti bakteri dan anti mikroba yang ampuh untuk meredakan gigi yang sedang senat-senut.

Jika Anda tahan dengan rasa asam pada cuka, Anda bisa berkumur dengan larutan cuka pada daerah gigi yang sakit selama 30 detik saja. Tapi jika Anda tidak kuat dengan rasa asam pada cuka, Anda cukup meneteskan cuka pada kapas dan tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sedang sakit. Setelah itu, jangan lupa sikatlah gigi Anda dengan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dipercaya mampu meringankan sakit gigi karena sifat anti radang, analgesic dan antimikroba yang terkandung di dalamnya. Anda bisa mengunyah satu hingga dua daun jambu biji ini hingga ekstraknya keluar, lalu oleskan pada gigi yang sakit. Jika sulit, Anda cukup merebus empat sampai lima lembar daun jamu. Diamkan rebusan tersebut hingga dingin, jangan lupa tambahkan garam. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk obat kumur.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan asam yang berguna sebagai alkali untuk menyeimbangkan kandungan zat asam (pH) di dalam mulut. Selain itu, jeruk nipis juga efektif membasmi bakteri yang ada di dalam mulut. Caranya, peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan 1 gelas air hangat, lalu jadikan obat kumur untuk menyembuhkan sakit gigi Anda.

6. Serai

Serai atau sereh dapat digunakan sebagai bahan alami untuk sembuhkan sakit gigi. Bukan itu saja, serai juga berguna untuk mencegah pembengkakan gusi. Caranya cukup mudah, Anda tinggal merebus 2 tangkai serai dalam satu gelas air. Rebus serai hingga airnya berkurang, setelah dingin Anda bisa menggunakannya untuk berkumur.

7. Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami untuk sembuhkan sakit gigi, karena jahe memiliki kandungan anti bakteri yang bagus untuk membasmi bakteri dalam mulut. Caranya, parut 1 buah jahe kemudian peras airnya. Lalu gunakan air perasan jahe tersebut untuk berkumur.

8. Daun Sirih

Daun sirih merupakan obat tradisional untuk menyembuhkan gigi yang sedang sakit. Bahkan daun sirih banyak digunakan untuk menjaga gigi agar awet, makanya kakek atau nenek Anda mungkin pernah terlihat mengunyah sirih hingga mulutnya berwarna merah.

Daun sirih ini berguna untuk penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga antiseptic alami. Anda cukup mengunyahnya atau merebus daun sirih kemudian gunakan untuk berkumur.

9. Belimbing Wuluh

Rasa asam pada belimbing wuluh sangat efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut Anda, hal ini karena rasa asamnya merupakan sebuah anti bakteri. Belimbing wuluh yang akan Anda manfaatkan untuk menyembuhkan sakit gigi harus ditumbuk terlebih dahulu. Gunakan 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Jika sudah halus, Anda tinggal oleskan tumbukan belimbing wuluh pada bagian gigi yang sakit.

10. Es Batu

Jangan salah, walaupun es batu sering dianggap sebagai biang keladi rusaknya gigi, tapi ternyata es batu juga berguna untuk menyembuhkan gigi yang sedang sakit. Caranya, masukkan es batu dalam plastik kecil, bungkus dengan kain tipis, dan tempelkan langsung pada gigi yang ngilu selama 15 menit. Hal ini bertujuan agar saraf gigi menjadi kebas. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan kompres es di pipi Anda tepat di daerah gigi yang sakit. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA