Dirjen Kependudukan Pastikan Pelayanan Adminduk di Pangandaran Baik

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri saat ke Disdukcapil Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh melakukan kunjungan ke Kabupaten Pangandaran beberapa waktu lalu dalam rangka memastikan pelayanan Adminduk di Pangandaran berjalan dengan baik. Selain itu, dalam kunjungan tersebut juga memberikan blanko E-KTP sebanyak 4000 keping untuk para pemula yang sudah melakukan perekaman.

Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pangandaran, Tantan Roesnandar, mengatakan, kedatangan Dirjen dari pusat tersebut selain memastikan pelayanan Adminduk di Pangandaran berjalan baik, juga mengingatkan tentang efektivitas pelaksanaan 14 langkah besar Dukcapil selama empat tahun berjalan.

Secara umum, kata Tantan, pelaksanaan dari 14 langkah besar tersebut masih ada beberapa langkah yang belum dilaksanakan secara konsisten dan menyeluruh, yaitu penerapan Akta Kelahiran online, rekam cetak luar domisili, pindah penduduk tanpa pengantar RT/RW dan desa/kelurahan/kecamatan.

“Pemanfaatan data kependudukan dan membangun ekosistem Adminduk juga masih belum dilaksanakan secara konsisten dan menyeluruh di beberapa daerah. Pa Dirjen mengapresiasi yang sudah menjalankan beberapa langkah tersebut secara konsisten,” jelas Tantan kepada Koran HR, Selasa (29/01/2019).

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pengelolaan Data, Andi Purnomo, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur telah mendapatkan blanko E-KTP untuk pemula yang sudah direkam.

“Kendala blanko yang belum ada untuk mengganti tecatat sebanyak 65.601. Ini yang sudah direkam, tapi masih menggunakan surat keterangan (Suket) serta untuk penggantian nomenklatur yang masih KTP Ciamis ke KTP Pangandaran. Mudah-mudahan blanko KTP-el yang untuk mengganti Suket dan Nomenklatur terpenuhi mengingat kendala keterbatasan blanko di pusatnya,” kata Andi Purnomo. (Mad/Koran HR)

KOMENTAR ANDA