DPR RI dan Forum BAKTI Dorong Pemanfaatan Internet di Pangandaran

Forum Merajut Nusantara Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementrian Kominfo RI menggelar kegiatan di salah satu hotel di Pangandaran . Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Forum Merajut Nusantara Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementrian Kominfo RI dan DPR RI menggelar kegiatan di salah satu hotel di Pangandaran dalam rangka memanfaatkan internet untuk kesejahteraan bangsa, Jum’at (22/02/2019) lalu.

Menurut Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk masyarakat dan Pemerintah BAKTI, Danny Januar, mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan inisiasi dan kerjasama Komisi 1 DPR dan BAKTI Kominfo RI terkait pemanfaatan penggunaan internet di masyarakat untuk kesejahteraan bangsa.  

“Kami sebagai penyedia pemerataan penunjang internet membangun infrastruktur telekomunikasi di daerah serta wilayah indonesia timur yang masih kurang jaringan internetnya dengan memasang BTS. Selain itu, kita juga memberikan pengetahuan ke masyarakat tentang pemanfaatannya,” jelas Danny Januar.

Danny menambahkan, kegiatan ini merupakan solusi dan inisiatif agar bisa pemanfaatannya dalam menunjang perkembangan Pariwisata di Pangandaran juga teknologi kelautannya. Selain itu, juga untuk membekali masyarakat dalam menangkal berita hoaks yang bisa berdampak besar pada kehidupan di masyarakat.

“Internet ibarat pedang bermata dua, ada positif dan negatifnya. Agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dalam kehidupan bermasyarakat, pemanfaatannya harus berdampak pada pertumbuhan sosial, ekonomi, agama, politik, dan budaya, itu harapan kami dari Forum BAKTI kominfo RI,” pungkas Danny.

Sementara itu, salah satu Anggota DPR RI komisi I, Budi Youyastri, mengatakan, problem yang terus muncul saat ini adalah masih kurangnya sarana pendukung infrastruktur penyedia internet di masyarakat. Karena itu, pihaknya terus mendorong BAKTI Kominfo RI untuk terus membangun agar masyarakat di daerah dan wilayah Indonesia timur agar ada akses internetnya. 

“Kesiapan kita terhadap dunia internet yang masuk ke rumah harus diantisipasi, jangan sampai dampak negatif yang muncul tetapi bisa dijadikan sebagai tambahan penghasilan. Intinya masyarakat harus melek internet agar bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraannya, khususnya warga Pangandaran harus sukses dengan adanya Internet tersebut,” pungkas Budi Youyastri saat diwawancara HRonline, jum’at (21/2/2019).

Di tempat yang sama, salah seorang pegiat dan pengguna internet asal Cijulang, Yenyen Windiani, mengatakan, dirinya terus mengajak kepada masyarakat khususnya di wilayah Cijulang untuk arif dalam menggunakan internet, dan mengambil yang positifnya.

“Kami sangat menyambut baik adanya kegiatan tersebut, dan semakin terbuka peluang usaha di rumah dalam meningkatkan pendapatan perekonomian keluarga, terima kasih BAKTI Kominfo RI dan Komisi I DPR RI,” pungkas Yenyen singkat. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA