Gemuk Bisa Menular? Ini Cara Agar Tidak ‘Ketularan’ Gemuk

Foto: Ilustrasi

Berita Gaya Hidup, (Harapan Rakyat),– Gemuk bisa menular dari satu orang ke orang yang lain, hampir sama seperti virus. Ketika berat badan seseorang bertambah, berat badan teman dekatnya cenderung ikut bertambah.

Penelitian yang menyebutkan gemuk bisa menular ini dipublikasikan oleh New England Journal of Medicine menyebutkan seseorang yang lingkungannya berisi orang gemuk memiliki peluang sebesar 57 persen untuk menjadi gemuk. Kesimpulan tersebut didapat setelah meneliti 12.607 orang selama 32 tahun. Para peneliti mencatat lingkungan orang-orang tersebut, mulai dari keluarga, tetangga, hingga teman dekat.

Nicholas Christakis, seorang professor sosiologi medis di Harvard Medical School dan peneliti utama dalam studi tersebut menjelaskan jika lingkungan pertemanan memengaruhi persepsi satu sama lain tentang kegemukan. Artinya, jika teman dekat Anda kegemukan, menjadi gemuk mungkin tidak terlihat begitu buruk.

“Persepsi Anda tentang tipe tubuh yang dapat diterima berubah saat melihat orang-orang di sekitar Anda. Setiap orang gemuk, cenderung menyeret beberapa teman mereka untuk menjadi gemuk,” kata  Christakis seperti dikutif dari The New York Times.

Makanan memang faktor utama yang bisa membuat seseorang menjadi gemuk, tapi ternyata lingkungan juga mempengaruhi. Misalnya, Anda tentu pernah dalam kondisi sudah makan berat, tetapi kemudian diajak teman untuk nongkrong di suatu tempat. Tanpa sadar, Anda kembali ‘ngemil’ makanan saat bermain bersama teman. Begitupun jika Anda bersama orang yang nafsu makannya besar, tanpa disadari Anda akan mengikuti pola makan orang tersebut.  

Tetapi, apakah Anda perlu menjauhi pergaulan dengan orang gemuk? Dr. Christakis dan rekannya, James Fowler, seorang professor ilmu politik di University of California di San Diego yang menjadi peneliti utama dalam penelitian ini tidak menyarankan hal tersebut.

“Karena yang perlu Anda lakukan adalah menjauhi pola hidup yang tidak sehat, bukan menjauhi teman Anda yang kegemukan. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang menyebabkan kegemukan itulah yang harus dihindari bukan teman Anda yang kegemukan, jangan tiru kebiasaan buruknya,” tegas Fowler.

Berikut pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan agar tidak ‘ketularan’ gemuk:

Jaga Pola Makan

Makanan yang bergizi mutlak diperlukan, tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga porsi dan jam makan teratur, kedua hal tersebut membantu Anda agar tidak ketularan gemuk. Jangan lupa, perbanyak asupan serat melalui sayur dan buah-buahan. Selain itu, hindari alkohol dan merokok.

Olahraga Rutin

Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, cukup olahraga ringan tapi lakukan secara rutin akan membantu Anda untuk tetap sehat. Anda bisa membiasakan diri untuk lari pagi di sekitar rumah, tak perlu jauh-jauh, cukup 30 menit berlari setiap pagi.

Istirahat yang Cukup

Buang kebiasaan tidur terlalu malam, hindari begadang setiap malam. Tubuh Anda perlu istirahat untuk menjaga metabolisme tubuh yang mempengaruhi berat badan Anda.

Biarlah para ahli mengatakan gemuk bisa menular, jika Anda konsisten menjaga tiga hal tersebut, maka Anda tidak perlu menghindari teman Anda yang gemuk. Bahkan sebaliknya, Anda bisa ‘menularkan’ kebiasaan pola hidup sehat pada teman-teman Anda. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA