Google Minta Pengguna Android Harus Waspada Terima Gambar Berformat PNG

Google Minta Pengguna Android Harus Waspada Terima Gambar Berformat PNG. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Para pengguna Android harus waspada bila menerima gambar berformat PNG. Pasalnya, Google baru-baru ini mengungkapkan adanya kerentanan pada sistem operasi Android.

Dikutip dari laman CSO Online, Sabtu (15/02/2019), para pengguna Android menemukan bug atau celah keamanan yang bisa merusak sistem operasi Android, mulai versi 7.0 Nougat hingga 9.0 Pie.

Bug tersebut memungkinkan peretas menjalankan kode usai pengguna menerima dan membuka gambar berformat PNG yang sudah dirancang khusus untuk merusak sistem. Penggunanya tidak akan sadar kalau ternyata melihat gambar itu berarti membuka jalan buat hacker untuk menyerang smartphone Anda dari jarak jauh.

Dalam Android Security edisi Februari 2019, Google menuliskan bahwa kerentanan keamanan di dalam framework memungkinkan peretas memakai file PNG yang telah didesain menjalankan kode arbitrari untuk proses tertentu.

Kode arbitrari adalah kode dalam sistem keamanan komputer yang mempunyai kemampuan meretas ke perangkat yang ditargetkan. Eksekusi kode ini bisa memengaruhi sejumlah bagian penting dalam sistem operasi, seperti sistem file, pustaka Android, serta komponen Nvidia.

Meski demikian, namun Google sendiri belum memberikan penjelasan lebih rinci mengenai masalah tersebut. Seperti yang ditulis Google dalam laman BGR, bahwa pihaknya belum mendapatkan laporan dari eksploitasi atau pelanggaran pengguna aktif akibat masalah ini.

Adapun kode penambal masalah keamanan ini sudah dirilis ke repositori Android Open Source Project (AOSP). Jadi, untuk memperkecil kemungkinan risiko celah keamanan, sebaiknya pengguna Android secepatnya melakukan update setelah muncul notifikasi. (Eva/R3/HR-online)

KOMENTAR ANDA