Google Temukan Aplikasi Beauty Camera di Play Store Berisi Malware

Aplikasi Beauty Camera. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Baru-baru ini Google ‘menendang’ aplikasi yang berisi malware. Aplikasi di Play Store itu adalah Beauty Camera, yang ditemukan oleh perusahaan keamanan, Trend Micro.

Mengutip dari Phone Arena dan Slash Gear belum lama ini, aplikasi yang ada malware-nya itu memperlihatkan iklan full screen (layar penuh) saat kunci smartphone dibuka.

Aplikasi filter kamera yang terkandung malware ini apabila iklannya diketuk baik secara atau tidak sengaja, maka dengan otomatis akan mendownload situs pornografi secara online. Namun situs tersebut tidak bisa diputar meski Anda membayarnya.

Buruknya, setelah dipasang di smartphone, maka aplikasi Beauty Camera itu sangat sulit untuk dihapus. Karena, setelah diinstal di smartphone, maka icon Beauty Camera tersembunyi, sehingga bakal sulit untuk meng-uninstal.

Parahnya lagi, aplikasi smartphone seperti Beauty Camera, Pro Beauty Camera, serta Horizontal Beauty Camera ini terus berupaya untuk memperoleh data privasi si pengguna smartphone.

Aplikasi filter kamera khusus ponsel pintar ini memberikan ‘janji’ untuk menghasilkan foto yang lebih baik setelah si pengguna mengunggahnya. Tapi, sayangnya malah muncul notifikasi palsu dalam 9 bahasa.

Dan, foto-foto yang sudah diunggah itu dan dikumpulan oleh si penjahat siber akan dipakai untuk foto profil di akun media sosial yang palsu.

Trend Micro menyarankan, saat mengunduh aplikasi dan tidak menjadi korban maka sebelumnya diperiksa terlebih dulu. Bisa dengan membaca komentar-komentar yang ada di aplikasi itu.

Tidak bisa dipungkiri, menurut Trend Micro bahwa aplikasi filter kamera yang mengadung malware ini sangat populer di negara-negara yang berada di benua Asia. Karena diklaim bisa menghasilkan foto selfie menjadi sangat baik.

Berikut ini 29 aplikasi Beauty Camera yang ada malware-nya.

1. Pro Camera Beauty 
2. Cartoon Art Photo 
3. Emoji Camera 
4. Artistic effect Filter 
5. Art Editor 
6. Beauty Camera 
7. Selfie Camera Pro 
8. Horizon Beauty Camera
9. Super Camera 
10. Art Effects for Photo 
11. Awesome Cartoon Art 
12. Art Filter Photo 
13. Art Filter Photo Effects 
14. Cartoon Effect 
15. Art Effect 
16. Photo Editor 
17. Wallpapers HD 
18. Magic Art Filter Photo Editor 
19. Fill Art Photo Editor
20. Art Flip Photo Editing 
21. Art Filter 
22. Cartoon Art Photo 
23. Prizma Photo Effect 
24. Cartoon Art Photo Filter 
25. Art Filter Photo Editor 
26. Pixture 
27. Art Effect 
28. Photo Art Effect 
29. Cartoon Photo Filter

Aplikasi lain yang ada malware di Play Store

Bukan hanya aplikasi filter kamera seperti Beauty Camera, Trend Micro juga menemukan malware Anubis yang menyusup ke Play Store.

Menurut Trend Micro ada dua aplikasi yang terindikasi mengandung malware, yaitu BatterySaverMobi serta Currency Converter. Dua aplikasi tersebut mampu lolos dari filter serta deteksi securiti Google yang terkenal ketat.

Dijelaskan Trend Micro dalam laporannya yang dipublikasi di blognya, bahwa malware yang ‘ikut’ dalam dua aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengambil (mencuri) data privasi milik pengguna.

Adapun cara kerja malware Anubis, menurut Trend Micro adalah dengan program yang sumbernya dari pendeteksi data sensor gerak dari smartphone calon korban.  

Program ini cuma dapat berfungsi apabila smartphone sedang tidak dipakai oleh pemiliknya dan barulah malware tersebut beroperasi. (Adi/R5/HR-Online)