Ini 4 Aplikasi Anti Virus di Smartphone Gratisan dan Terbaik

Ilustrasi Anti Virus di Smartphone. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Ponsel zaman now bukan hanya sebatas sebagai alat komunikasi saja, melainkan sudah bisa menyimpan berbagai macam data serta berselancar di dunia maya. Dengan canggihnya ponsel sekarang ini, bisa memungkinkan ‘terjangkit’ virus atau malware. Untuk itu diperlukan anti virus di smartphone sebagai langkah antisipasi.

Virus tersebut bisa berasal dari data yang ditransfer dari smartphone orang lain atau koneksi ke komputer, bahkan memungkinkan juga aplikasi atau dari internet. Jika sudah terinfeksi virus, bukan hanya data saja yang rusak tapi bisa merembet ke ponsel tersebut.

Untungnya, sekarang ini sudah tersedia aplikasi anti virus khusus untuk smartphone, yang bisa diinstal/download di play store, baik gratisan atau berbayar. Aplikasi anti virus di smartphone ini bisa melindungi atau menjaga dari serangan virus.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini anti virus di smartphone populer yang bisa menjadi sebagai bahan referensi untuk Anda.

# Kaspersky Mobile Antivirus

Anti virus yang satu ini memang sudah terkenal. Tidak sedikit orang yang memakainya terutama di komputer baik PC atau laptop. Sementara di ponsel Android juga tidak kalah banyak penggunanya.

Sebagai aplikasi anti virus di smartphone terbaik, Kaspersky bisa And unduh di Play Store secara gratis, tapi juga bisa mengupadate dengan membeli fitur premium, atau ada pula versi bayarnya.

Untuk versi gratisan, scan malware atau pun virus dilakukan dengan cara manual. Sedangkan jika menambah fitur premium maka di dalamnya ada fitur perlindungan real-time, anti pencurian, anti phishing, serta melindungi dan mengunci aplikasi dengan tingkat tinggi yang sekiranya aplikasi tersebut penting untuk Anda.

Untuk yang berbayar Anda bisa mendapatkan fitur khusus, seperti pemblokiran panggilan yang sekiranya masuk dalam spam atau yang tak diinginkan, kemudian bisa mencari ponsel yang hilang atau lupa dengan fitur Find my phone, serta memberi perlindungan yang ekstra dari serangan virus trojan, malware atau lainnya.

Saat ini di Play Store aplikasi Kaspersky Mobile Antivirus ini sudah  diunduh lebih dari 50 juta pengguna.

# Avast Mobile Security

Anti virus Avast juga tidak kalah terkenalnya dengan Kaspersky. Avast yang bisa diunduh dengan gratisan di Play Store ini bisa menscan virus, atau trojan yang berbahaya.  

Selain itu, anti virus di smartphone ini juga bisa memberikan perlindungan privasi, yang jika terindikasi atau terinfeksi sptware maupun aplikasi yang terkena infeksi adware, anti virus ini akan memberitahu.

Avast juga bisa mengamankan Android dari serangan phishing yang sumbernya dari email, panggilan telepon, situs atau website yang terinfeksi, atau pesan singkat.

Fitur lainnya, bisa mengakses VPN yang bisa menjelajah internet secara aman dan privat, dan untuk membuka streaming non gratisan ketika pergi ke luar negeri.

Sementara untuk fitur premiumnya antara lain:

– Jebakan Kamera : bisa mengambil foto serta merekam suara pencuri yang mengambil smartphone Anda dengan diam-diam

– Menyingkirkan iklan yang menggangu

– Lokasi Terakhir yang Diketahui : Melacak lokasi terakhir perangkat Anda saat baterainya habis. Dan masih banyak lagi.

# AVG AntiVirus

Anti virus di smartphone lainnya yang banyak diunduh di Play Store adalah AVG AntiVirus. Saat ini sudah diinstal lebih dari 100 juta pengguna. Itu mengindikasikan anti virus ini terkenal dan populer.

Andalan dari aplikasi AVG AntiVirus salah satunya adalah Dual-engine antivirus. Fitur ini bisa menghilangkan atau ‘membunuh’ virus serta konten bahaya lainnya. Selain itu ada juga fitur Performance-boosting yang bisa menambah/memperpanjang umur baterai.

Sama seperti anti virus lainnya, AVG AntiVirus juga tersedia fitur anti maling. Anti virus ini bisa menemukan smartphone Anda yang lupa, hilang atau dicuri oleh orang lain dengan cara via Google Maps. Fitur Theftie bisa mengirim email yang isinya foto si pencuri ketika mencoba membuka kunci smartphone dengan diam-diam.

# Security Master

Dari anti virus di smartphone yang ada di atas, Security Master adalah yang paling banyak diunduh di Play Store dengan jumlah pengunduh saat ini 500 jutaan.

Keunggulan dari Security Master antara lain Safeconnect VPN yang bisa membuka website yang terkena blokiran. Kemudian fitur Anti-theft alarm atau Alarm anti maling, fitur Intruder selfie yang bisa mengetahui siapa yang orang membuka kunci ponsel Anda. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA