Jangan Malu Mandi Sambil Nyanyi, Karena Banyak Manfaatnya Lho!

Ilustrasi mandi sambil nyanyi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Biasa orang akan tertawa jika mendengar seseorang yang mandi sambil nyanyi. Tertawanya bisa karena suaranya fals atau tidak enak didengar.

Padahal, kebiasaan mandi sambil nyanyi yang memang tidak sedikit orang melakukan hal tersebut, ternyata bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, dan itu jarang diketahui.

Apa saja manfaat mandi sambil nyanyi? Berikut ini ulasannya yang HR Online kutip dari berbagai sumber.

# Mengurangi stres

Jika pernah melakukan mandi sambil nyanyi dan tiba-tiba suasana hati menjadi tenang atau gembira jangan kaget. Pasalnya, bernyanyi saat mandi memang bisa mengurangi stres.

Saat bernyanyi maka akan menghirup oksigen lebih banyak oksigen secara terus menerus. Efeknya yaitu tinkat stres menjadi kurang. Tidak salah jika ada cara untuk mengurangi beban stres dengan fokus terhadap pernapasan dalam.

# Turunkan tekanan darah

Penat karena pekerjaan yang menumpuk atau sibuk bisa menyebabkan meningkatkan hormon kortisol. Hormon ini dilepaskan di dalam tubuh saat Anda terkena stres.

Apa efeknya apabila kortisol yang dilepaskan itu terlalu banyak? Efek buruknya adalah meningkatnya tekanan darah serta kadar gula dalam darah. Jika dibiarkan maka bisa mengakibatkan peradangan.

Saat terjadi peradangan itu, maka kemungkinan besar akan terkena store, diabetes serta penyikit serius lainnya. Sementara sebagai solusinya supaya tidak stres baik karena pekerjaan atau lainnya adalah dengan cara membuat hati menjadi tenang, gembira salah satunya dengan mandi sambil nyanyi.

# Meningkatkan memori otak

Supaya dapat bernyanyi sampai selesai meski suara fals, tentu Anda harus hafal betul lirik lagu yang dinyanyikan. Dengan menghafal lirik lagu secara tidak sengaja Anda bisa meningkatkan memori otak.

# Memperkuat Otot

Biasanya penyanyi yang sudah profesional memiliki teknik supaya baik yaitu dari diafragma. Apabila kamu dapat melakukan hal tersebut, maka bisa membantu memperkuat baik di perut atau punggung.

# Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat lain mandi sambil nyanyi yaitu bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut terbukti dari penelitian yang dipublikasikan di Journal of Behavioral Medicine.

Dalam jurnal tersebut mengungkapkan bahawa bernyanyi dapat menekan atau menurunkan tingkatan hormon kortisol yang bisa membuat Anda stres. Kortisol ini jika banyak maka bisa mengakibatkan terganggunya sistem imun atau kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, dengan sedikitnya hormon kortisol yang keluar, maka bisa membuat kuat sistem kekebalan tubuh, dan berfungsi dengan baik untuk mengusir penyakit di dalam tubuh.

# Mengurangi Rasa Sakit

Kebiasaan saat mandi sambil nyanyi, ternyata bisa membantu mengeluarkan oksitosin serta dopamin. Efeknya adalah berkurangnya rasa sakit. Selain itu, dengan hati yang tenang serta menekan depresi karena perasaan yang terpendam bisa lepas diyakini sebagai pembunuh rasa sakit.

# Mengurangi dengkuran

Dengan melakukan kebiasaan nyanti, maka bisa merangsang laring yang ternyata bisa mengurangi dengkuran ketika tidur, serta sebagai obat untuk yang sudah tidur. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA