Kaum Milenial Dominasi Angka Kecelakaan di Ciamis

Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso saat membuka jalan sehat dalam Milenial Road Safety Festival di Alun-alun Ciamis, Sabtu, (23/02/2019). Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com), –  Angka kecelakaan di Kabupaten Ciamis 60% didominasi kaum milenial dalam rentang usia 17 sampai 35 tahun. Hal tersebut diungkap Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso pada gelaran Milenial Road Safety Festival di Alun-alun Ciamis, Sabtu (23/02/2019).

Acara yang digagas Korlantas Mabes Polri ini dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Tujuannya adalah mengajak kamu milenial untuk menjaga keselamatan saat berlalu lintas. “Kecelakaan di jalan pada usia muda itu sangat disayangkan, apa lagi sampai meninggal dunia,” kata Bismo.

Bismo mengungkapkan, berdasarkan penelitian 60% dari korban yang meninggal dunia di jalan raya adalah para milenial dengan rentang usia antara 17 sampai dengan 35 tahun.  “Yang lahirnya tahun 80 sampai tahun 2000, itu yang mendominasi rawan berkendara, tentunya kami harus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mencegah angka kecelakaan tersebut,” tuturnya.

Bismo menambahkan, ada empat kompenan yang menjadi faktor kecelakaan di jalan raya, yaitu pengendara, kendaraannya, cuaca juga kondisi jalan. Karena itu, Bismo juga mengajak masyarakat Ciamis untuk meminimalisir angka kecelakaan, caranya kata Bismo, adalah dengan melengkapi surat-surat kendaraan seperti SIM Dan STNK sebagai tanda lulus uji dan legitimasi kelayakan untuk menggunakan kendaraan bermotor.

“Mari tumbuhkan kesadaran tertib lalu lintas, salah satunya dengan melengkap surat-surat kendaraan, seperti SIM dan STNK, jika ada SIM dan STNK berarti ada legitimasi untuk menggunakan sepeda motor. Kalau belum punya SIM, ya tidak boleh,” kata Bismo.

Milenial Road Safety Festival di Alun-alun Ciamis sendiri berlangsung meriah. Acara yang menghadirkan band Geisha dan band lokal Ciamis, Masterplan ini dihadiri oleh ribuan masyarakat Ciamis. Selain diisi dengan acara musik, pada Milenial Road Safety Festival juga digelar jalan santai, senam kolosal hingga freestyle sepeda motor.  Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan pataka milenial dan deklarasi tertib lalu lintas.

Selain acara jalan sehat di Alun-alun ini, sebelumnya Polres Ciamis juga mendatangi sekolah-sekolah di Kabupaten Ciamis dalam rangkaian acara Milenial Road Safety Festival. Dengan mendatangi sekolah-sekolah ini diharapkan para milenial menjadi generasi yang sadar dalam menjaga keselamatan berlalu lintas. (Fahmi/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA