Komisi II DPRD Pangandaran Soroti Penanganan Laka Laut

Petugas saat meminta keterangan dari teman korban laka laut. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kecelakaan laut yang terjadi beberapa waktu mendapat sorotan dari salah satu anggota DPRD Pangandaran komisi 2 Bidang Pariwisata, Jalaludin. Ia menilai pencegahan dini terhadap kecelakaan laut belum bisa diantisipasi secara maksimal oleh petugas keamanan.

Jalaludin, anggota DPRD Pangandaran yang juga polistisi asal PKB ini mengatakan, selain soal lemahnya pencegahan dini atau antisipasi kecelakaan di laut, juga belum adanya salah satu organisasi di bawah naungan pemerintah yang bisa mengantarkan korban serta menindaklanjuti santunannya.

“Nah ini yang harus menjadi perhatian bersama, terutama pengawasan di zona terlarang untuk berenang. Petugas dari Badan Penyelemat Wisata Tirta (Balawista) Pangandaran jangan sampai lengah. Selain itu, Dinas terkait juga harus memikirkan juga soal ini,” tegasnya kepada Koran HR, Minggu (03/02/2019) lalu.

Ia menambahkan, dirinya juga menyayangkan pemerintah yang hanya mampu mengantarkan korban dari lokasi kejadian sampai ke Puskesmas saja, bukan sampai ke rumah korban, apalagi korban merupakan orang Pangandaran.

“Itu kejadian luar biasa menurut saya, harusnya pemerintah tanggap. Itu yang meninggal di pantai kan orang Pangandaran, seharusnya diurus sampai keluarganya,” kata Jalaludin.

Selain soal urusan evakuasi korban sampai ke pihak keluarga, Jalaludin juga berharap adanya santunan ataupun asuransi yang diurus oleh pemerintah.

“Saya berharap ini jadi pelajaran serta pembelajaran bersama, khususnya petugas pantai. Harusnya pencegahan dan antisipasi sebelum masyarakat yang tidak tahu zona larangan berenang, juga penanganan yang resmi dari pemerintah terhadap kecelakaan laka laut di pantai Pangandaran,” pungkas Jalaludin. (Mad/Koran HR)