Manfaat Makan Petai, Dari Bikin Awet Muda Hingga Bantu Atasi Stress

Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),– Petai layaknya buah simalakama, dimakan bisa bikin bau mulut, tak jarang bau ini juga bisa menempel berhari-hari di kamar mandi akibat air seni yang kita keluarkan ketika buang air kecil terpengaruh bau petai. Tetapi, bagi Anda yang menyukainya, sangat sayang rasanya jika ketika musim petai Anda enggan memakannya karena alasan bau. Fakta berikut mungkin bisa mengurangi sedikit perasaan bersalah karena memakan petai, karena manfaat makan petai disebut-sebut bisa membuat awet muda bahkan membantu mengatasi stress.

Petai yang mengandung asam amino dengan kandungan belerang yang cukup tinggi ini adalah biang keladi bau tak sedap pada mulut setelah makan petai.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Petai di Mulut, Dijamin Manjur

Bau ini yang biasanya dihindari oleh mereka yang tidak senang makan petai. Tetapi, mungkin manfaat petai di bawah ini bisa membuat Anda berubah pikiran:

Petai Bikin Awet Muda

Petai disebut-sebut bisa membantu regenarasi kulit. Bahkan salah satu produk kosmetik di Jepang menggunakan petai sebagai bahan bakunya.

Petai Bisa Atasi Tekanan Darah Tinggi

Petai mengandung kandungan potassium yang cukup tinggi tetapi kadar garamnya rendah. Hal ini membuat petai berguna untuk menurunkan tekanan darah.

Petai Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat yang dimiliki petai sangat tinggi. Seperti lazimnya makanan berserat lainnya, petai sangat baik untuk pencernaan. Teksturna yang gampang untuk dicerna juga dapat meringankan kerja organ pencernaan dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada petai juga membatu melancarkan buang air bsesar. Manfaat makan petai ini jika Anda sembelit, maka Anda tak perlu mengonsumsi obat pencahar, tetapi cukup dengan makan petai.

Petai Dapat Mencegah Mual pada Ibu Hamil

Bagi Anda wanita hamil pasti pernah mengalami mual saat pagi hari. Hal itu rupanya disebabkan karena tingginya kadar gula dalam tubuh. Nah, petai ini mampu mengontrol kadar gula darah pada tubuh sehingga dapat mencegah mual di pagi hari.

Petai Bisa ‘Memperbaiki’ Mood Saat PMS

Pre Menstrual Syndrome (PMS) merupakan suatu kondisi emosional seorang perempuan saat datang bulan. Vitamin B6 yang terkandung dalam petai mampu mengatur gula darah sehingga bisa membantu mengatasi mood saat PMS.

Petai Berguna untuk Meredakan Gatal Bekas Gigitan Nyamuk

Gatal yang tak tertahankan setelah digigit nyamuk bisa diredakan dengan cara menggosokkan kulit bagian dalam petai pada bagian yang gatal akibat gigitan nyamuk.

Petai Bisa Membantu Anda Berhenti Merokok

Kandungan Vitamin B6 dan B12, potasium, dan zat besi pada petai dapat membantu tubuh untuk mengatasi kecanduan pada nikotin yang menjadi bahan utama rokok. Artinya, petai bisa membantu seseorang untuk berhenti merokok.

Petai Membantu Tubuh Agar Lebih Bertenaga

Petai yang mengandung 3 jenis gula seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat mampu membuat tubuh Anda lebih bertenaga.Sebuah penelitian menunjukkan dua porsi petai yang dimakan seseorang mampu membuatnya melakukan aktivitas berat selama hampir 90 menit.

Petai Berguna untuk Melawan Bakteri

Manfaat makan petai selanjutnya adalah bisa menghindarkan Anda dari bakteri. Biji petai dalam bentuk ekstraknya mengandung trihiolane dan hexathionine yang merupakan zat anti bakteri. Sebuah penelitain menunjukkan ekstrak biji petai berguna untuk melawan golongan bakteri Gram-negatif.

Petai Bermanfaat untuk Atasi Stress

Petai diketahui memiliki kandungan mineral penting seperti kalium. Kalium ini dapat membantu menormalkan detak jantung, membantu mengirim oksigen ke otak hingga dapat mengatur keseimbangan cairan tubuh. Saat Anda stress, metabolisme tubuh akan terus menngkat, hal ini akan mengurangi kadar kalium pada tubuh. Untuk mengatasinya Anda perlu menyeimbangkan kadar kalium pada tubuh dengan konsumsi petai yang kadar kaliumnya cukup tinggi.

Begitu pun jika Anda penderita SAD (Seasonal Affective Disorder) atau depresi ringan yang terjadi secara musiman, salah satu gejalanya misalnya Anda selalu sedih ketika hujan turun. Petai yang mengandung triptofan bisa menjadi pendorong mood yang alami. Triptofan ini merupakan salah satu jenis asam amino esensial yang penting untuk perkembagan dan pertumbuhan tubuh.

Triptofan juga berperan untuk pembentukan serotonin yang bisa membantu Anda untuk merasa rileks. Hal yang sama terjadi juga pada penderita depresi. Serotonin yang diubah oleh triftopan pada tubuh melalui konsumsi petai bisa membuat penderita depresi merasa lebih bahagia.

Nah itu dia manfaat makan petai. Jadi sekarang Anda yang sangat menyukai petai tak perlu khawatir ketika memakannya, karena banyak zat-zat yang terkandung dalam petai ternyata berguna untuk tubuh. Bagi Anda yang tidak menyukai makan petai, setelah menyimak penjelasan di atas, Anda bisa mencoba memakannya, dijamin Anda bakal ketagihan, karena petai ini mampu meningkatkan selera makan juga lho. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA