Kupu-kupu Penuhi Jembatan Dobo Banjar, Puluhan Motor Tergelincir

Kondisi jembatan saat masih dipenuhi hewan jenis kupu-kupu. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Puluhan kendaraan roda dua tergelincir di Jembatan Dobo yang menghubungkan Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman-Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja Kota Banjar akibat banyaknya hewan jenis kupu-kupu yang memadati lokasi jembatan, Sabtu (16/02/2019).

Berdasarkan informasi, banyaknya kupu-kupu ukuran kecil yang memenuhi jembatan membuat jalan semakin licin. Sehingga, kendaraan roda dua yang melintas, meskipun pelan, tidak sedikit yang tergelincir. Meski tidak ada korban jiwa, namun pengendara yang menjadi korban mengalami luka.

Astudi, salah satu warga sekitar, mengatakan, kejadian tersebut bermula saat memasuki waktu maghrib, tiba-tiba kupu-kupu kecil ini mulai memadati jembatan Dobo. Lambat laun jumlahnya semakin banyak, bahkan diperkirakan mencapai jutaan.

“Dari maghrib sampai tadi sekitar pukul 22.00 WIB, sudah banyak yang tergelincir, kira-kira 20 motor ada. Aspalnya kan licin karena tertutup kupu-kupu itu, walaupun laju kendaraan pelan,” jelasnya kepada HR Online.

Ia menambahkan, bahwa di jembatan ini hewan tersebut seringkali muncur, namun jumlahnya tidak sebanyak hari ini. Ia menduga, hewan yang biasa berkerumun di jembatan Parungsari berpindah lokasi karena di jembatan baru ini cahayanya lebih terang, sedangkan di Parungsari agak gelap.

“Bisa jadi pindahan dari situ. Di sini kadang ada, cuma tidak terlalu banyak seperti sekarang. Biasanya, ini tanda akan masuk musim kemarau, karena hewan ini keluar dari sarang untuk mencari cahaya. Untungnya dalam peristiwa ini tidak sampai menelan korban jiwa,” imbuhnya.

Karena jumlahnya yang begitu banyak, lanjut Astudi, petugas Pemadam Kebakaran langsung turun tangan dengan mengerahkan dua unit mobil untuk menyemprot jalan jembatan. Sementara itu, petugas keamanan dari kepolisian juga berjaga di lokasi untuk mengatur arus lalu lintas. (Muhafid/R6/HR-Online)