Lingkungan di Banjar Ini Disulap jadi Kampung Warna-warni

Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Darma, Komunitas Senja, dan club motor Moonraker di Lingkungan Tanjungsukur, RW.16, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, berinovasi membuat kampung warna-warni. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Berawal dari kecintaan dan kepedulian akan kebersihan serta keindahan lingkungannya, sejumlah pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Darma, Komunitas Senja, dan club motor Moonraker di Lingkungan Tanjungsukur, RW.16, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, berinovasi membuat kampung warna.

Sebelumnya lingkungan tersebut tampak kumuh, ditambah dengan banyaknya sampah di Sungai Ciroas. Namun, dengan inisiatif dan kreatifitas para pemudanya, kampung ini menjadi bersih. Selain itu, lingkungan ini pun terlihat indah dengan berbagai lukisan dari cat warna-warni di setiap dinding rumah warga, fasilitas umum, dan di jalan gang.

“Ini adalah inisiatif kami untuk mengubah lingkungan yang tadinya kumuh menjadi lingkungan yang bersih, indah, dan sehat,” kata Indra Wahidi, Ketua Karang Taruna Darma, kepada Koran HR, Selasa (12/02/2019).

Untuk kedepannya, ia bersama teman-temannya akan menambah lukisan-lukisan bernuansa tiga dimensi. Hal itu supaya suasana di lingkungannya akan tampak semakin hidup. Tak hanya lukisan dinding, Indra pun berinisiatif akan membangun sebuah tempat untuk berkumpul/edukasi anak-anak di sekitar lokasi tersebut.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Komunitas Senja, Johan, mengatakan, selain menyulap lingkungannya menjadi lingkungan warna-warni, ia pun bersama teman-temannya akan memanfaatkan Sungai Ciroas untuk sarana wisata air.

“Dulu Sungai Ciroas ini banyak sekali sampahnya. Namun, setelah kami melakukan gotong-royong dengan membersihkan sampah di sungai ini, kini Ciroas terlihat bersih dan bebas dari sampah,” ujarnya.

Menurut Johan, hasil karya atau inovasi para pemuda yang mewujudkan lingkungannya menjadi bersih, indah, dan sehat adalah sebagai kado ulang tahun untuk Kota Banjar yang ke-16. Mereka sengaja “papatungan” untuk membeli semua peralatan atau bahan cat yang dipakai melukis maupun biaya untuk berbagai kegiatan kreatif lainnya.

“Semua biaya ini hasil dari patungan, dan tanpa meminta-minta kepada pemerintah, apalagi menggunakan proposal,” tandasnya.

Johan berharap kepada masyarakat untuk mencintai dan peduli akan kebersihan lingkungan. Salah satunya yakni tidak membuang sampah ke sungai atau ke tempat yang bukan peruntukkannya.

“Kami akan terus mengkampanyekan cinta kebersihan. Siapa pun yang melihat, jika ada orang yang buang sampah ke sungai, mohon ditindak tegas,” kata Johan.

Kreatifitas para pemuda Tanjung Sukur di RW.16 ini mendapat apresiasi dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Hergarsari. Karena, kreatifitas ini dinilai sangat positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini sangat bagus dan sangat positif. Kreatifitas ini merupakan seni dan harus terus dilakukan, karena ini sangat bermanfaat bagi semua,” ujar Bhabinkamtibmas Kelurahan Hegarsari, Brigadir. One Suherman, yang diamini oleh Babinsa Kelurahan Hegarsari, Sersan. Gunawan. (Hermanto/Koran HR)

KOMENTAR ANDA