Perputaran Uang Hasil Udang di Pangandaran Perhari Capai 200 Juta

Udang yang berada di TPI Minasari. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sejak 3 bulan terakhir kondisi harga hasil laut di Pangandaran terpantau normal, termasuk salah satunya dari jenis udang yang berada di TPI Minasari Pangandaran.

Kekey, salah satu pegawai TPI, mengatakan, udang di Pangandaran dengan jenis tiger ukuran B ini mencapai Rp 350 ribu perkilogramnya dan udang tiger jenis S atau yang ukurannya lebih kecil seharga Rp 300 ribu perkilogramnya.

“Kalau udang tiger B itu kan untuk memenuhi kebutuhan ekspor, sedangkan yang S untuk dalam negeri. Adapun udang di Pangandaran jenis jerebung harganya mencapai Rp 220 ribu dan jenis Udang Dogol seharga Rp 70 ribu perkilogramnya,” jelasnya kepada HR Online, Kamis (14/02/2019).

Kekey menambahkan, perputaran uang di TPI tersebut ketika udang sedang sepi bisa mencapai Rp 200 juta permalam, apalagi ketika ramai bisa lebih dari itu. Ia menyebutkan bahwa para nelayan juga sebagian besar menjualnya ke TPI Minasari dengan keuntungan bisa mencapai Rp 3 juta setiap kali jual.

“Biasanya harga udang naik ketika ada momen seperti Imlek kemarin. Tapi kalau hari-hari biasa harga udang normal lagi. Di sini udang yang terjual rata-rata bisa mencapai 6 hingga 8 kwintal perharinya,” pungkas Kekey. (Ntang/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA