Polres Ciamis Ajak Kaum Milenial Patuh dalam Berkendara

Jalan sehat dalam rangka Millennial Road Safety Festival yang digelar Polres Ciamis. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka Millennial Road Safety Festival, Polres Ciamis mengajak ribuan pelajar dan warga di Alun-alun Ciamis untuk patuh dalam berlalu lintas. Dalam kegiatan yang dikemas jalan sehat, Polres juga menyuguhkan senam kolosal millennial, penampilan band ibu kota, geisha, serta deklarasi patuh lalu lintas, Sabtu (23/02/2019).

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Tegun Prakoso mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengajak kaum milenial untuk menaati aturan berlalu lintas di jalan raya. Sebab, menurut penelitian 60 persen dari korban yang meninggal itu usia milenial.

“Kita tahu faktor kecelakaan itu bisa karena pengendara itu sendiri, kendaraannya, kondisi cuaca serta kondisi jalan. Sebagai langkah antisipasi, kita harus ekstra hati-hati dari sekarang agar selamat selama berkendara,” jelasnya.

Selain antisipasi hal itu, lanjut Bismo, pengendara juga harus melengkapi surat berkendara, seperti SIM, STNK serta pelengkapan berkendara lainnya.

“Dalam berkendara juga bukan hanya pengendaranya saja yang harus berkonsentrasi, tetapi orang yang ikut menumpang juga perlu berkonsentrasi, bahkan harus mengikuti aturan berlalulintas, seperti kalau dalam kendaraan bermotor memakai helem karena memang biasanya yang fatal dalan kecelakaan biasanya terjadi di bagian kepala akibat pengendara dan juga yang menumpang tidak mengikuti aturan berlalulintas,” imbuhnya.

Menurut Bisio, generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Untuk mewujudkan cita-cita bangsa, diharapkan generasi milenial dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas karena mereka nantinya yang menjadi penerus di masa yang akan datang.

“Paling utama untuk menciptakan kedisiplininan dalam berlalu lintas adalah mulai dari diri kita sendiri. Jadi, jangan sampai kecelakaan yang tidak diharapkan terjadi pada kita, keluarga kita maupun teman-teman kita,” pungkasnya. (Heri/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA