Saat di SMPN 1 Cihaurbeuti, Kadisdik Ciamis Berikan Motivasi Hadapi UNBK

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Ciamis, Wawan AS Arifien, saat memberikan motivasi kepada siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (19/02/2019). Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar 22-24 April 2019 mendatang, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Ciamis, Wawan AS Arifien, memberikan motivasi kepada siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (19/02/2019).

Wawan menuturkan UNBK bukan segala-galanya. Karena kelulusan tidak hanya ditentukan oleh UNBK saja, tapi juga ditentukan sekolah. Namun, UNBK adalah indikator prestasi sekaligus prestise selama belajar di sekolah.

“UNBK adalah indikator prestasi sekaligus prestise selama belajar di SMP. Hal itupun sebagai tolak ukur sejauhmana penguasaan atas materi yang pernah diajarkan oleh guru di kelas,” kata Wawan.

Wawan menjelaskan, setelah para siswa kelas IX mengikuti serangkaian latihan atau try out, masih ada waktu selama dua bulan untuk lebih memacu belajar, dan mempelajari materi yang belum sepenuhnya dikuasai.

Pada kesempatan itu, Wawan mengingatkan para siswa untuk tidak merasa sungkan bertanya dan meminta bimbingan kepada guru. Atau bertanya kepada teman yang sudah lebih dulu paham terhadap materi pelajaran yang dimaksud.

“Sesama siswa bisa saling bertukar pikiran, membuat kelompok untuk sama-sama membahas materi pelajaran,” katanya.

Wawan juga meminta siswa untuk fokus dalam menghadapi UNBK. Sebaiknya, kata dia, kurangi bermain dan kegiatan kurang mendukung terhadap belajar.

“Karena hanya orang-orang yang selalu fokuslah yang banyak berhasil dalam kehidupannya. Termasuk dalam menghadapi UNBK,” ucapnya.

Selain belajar, kata Wawan, pihaknya juga mengimbau para siswa untuk berdoa dan meminta doa orang tua. Alasannya karena doa orang tua sangat mustajab bagi anak-anaknya.

“Begitupun kepada para guru, mintalah ilmu dan restunya, agar kalian diberi kemudahan saat ujian nanti,” ujarnya. (Her2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA