Sungai Cinangka Meluap, Rumah Warga di Rajadesa Ciamis Terendam Banjir

Banjir rendam rumah warga di Dusun Cibingbin Desa Rajadesa, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kecamatan Rajadesa dan Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Jum’at (08/02/2019) malam, membuat Sungai Cinangka meluap. Akibatnya, puluhan rumah, hektaran sawah dan kolam milik warga di Dusun Cibingbing, Kecamatan Rajadesa dan Desa Bayasari, Kecamatan Jatinagara, tergenang banjir, Sabtu (09/02/2019).

Banjir tidak hanya menggenangi sawah, kolam dan ruas jalan, tetapi air bah pun masuk ke perumahan warga hingga ketinggian 1 meter.

Kepala Desa Rajadesa, Purwo Direjo, mengatakan, hujan deras yang terjadi pada Jum’at (08/02/2019)  malam, mengakibatkan sungai Cianangka meluap. Selain rumah warga, banjir juga mengenangi sawah dan kolam milik warga. “Akibat banjir ini membuat warga yang sawah dan kolamnya tergenang banjir mengalami kerugian materil,” ujarnya, Minggu (10/02/2019).

Menurut Purwo, banjir paling parah terjadi di Dusun Cibingbin Desa Rajadesa dengan ketinggian air mencapai 2 meter lebih. Bahkan, di daerah itu banjir sampai masuk ke rumah warga dengan ketinggian 1 meter. “Hingga hari ini Minggu (10/02/2019) warga masih membersihkan rumahnya yang terkena banjir,” ujarnya.

Sementara itu, Anah, warga Dusun Cibingbin, Desa Rajadesa, mengatakan, luapan banjir dari sungai Cinangka masuk ke dalam rumahnya. Menurutnya, banyak perabotan rumah tangga yang ikut terendam banjir hingga mengalami kerusakan.

“Sampai hari ini kami masih membersihkan sisa-sisa banjir. Karena air banjir meluber ke semua ruangan rumah,” ujarnya. Dia menambahkan, banjir terparah terjadi di Dusun Cibingbin. Sebab, lokasinya berada di paling bawah dan berdekatan dengan aliran sungai.

Sementara itu, luapan air dari Sungai Cinangka juga dilaporkan merendam permukiman penduduk di Desa Bayasari, Kecamatan Jatinagara. (Eji/R2/HR-Online)