Tak Ada Drainase, di Pamarican Ciamis Kerap Terjadi Banjir Cileuncang

Banjir Cileucang di dekat pasar Pamarican Ciamis akibat tidak adanya drainase. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tidak berfungsinya saluran pembuangan.(drinase) di sepanjang Jalan Raya Pamarican yang tepatnya di Dusun Pamarican, Desa Pamarican membuat daerah tersebut kerap dilanda banjir cileuncang (sesaat) saat hujan turun.

Seperti yang terjadi pada Minggu (03/02/2019) siang, meskipun curah tidak begitu besar namun air menggenang sejumlah ruas jalan. Bahkan, air juga masuk ke areal pemukiman warga. Atas kejadian, warga pun berharap agar pemerintah bisa mencarikan solusi banjir tersebut.

“Ini terjadi karena di sepanjang jalan drainasenya hilang, makanya sering banjir kalau hujan. Selain menggenangi jalan, pemukiman warga juga terkena imbasnya, air masuk ke areal pekarangan hingga pelataran rumah,” jelas Asep Zaenal Arifin, Kadus Pamarican.

Ia berharap, pemerintah bisa membuatkan saluran air di sepanjang jalan aga ketika hujan banjir cileuncang tersebut tidak terjadi lagi, apalagi sumber airnya salah satunya berasal dari pasar. Sehingga, para warga mengeluh soal ini.

“Lokasi pasar kan agak tinggi, jadi ketika curah hujan turun airnya masuk ke sini semua. Sementara saluran drinase di sini tidak ada. Jadi, secara otomatis air itu tertampung di sini, bahkan jika hujannya besar, air masuk ke dalam teras rumah warga” terangnya (Suherman/R6/HR-Online)