Tak Perlu Mahal, Ini Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Cara memutihkan wajah secara alami, salah satunya bisa dengan menggunakan lidah buaya. Foto: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),– Wajah putih bersih merupakan impian setiap orang, sayangnya keinginan tersebut membuat sebagian orang terjerumus dengan cara memutihkan wajah memakai produk-produk pemutih illegal yang menjanjikan wajah putih dalam waktu singkat.

Ada juga sebagian orang yang ingin memiliki wajah putih bersih dengan cara mendatangi salon-salon kecantikan dengan biaya mahal. Padahal, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan wajah. Cara memutihkan wajah secara alami ini selain mudah dan aman, karena tanpa efek samping juga tidak membuat dompet Anda terkuras.

Berikut cara memutihkan wajah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar Anda:

Putih Telur

Putih telur bukan hanya berguna untuk dimakan, Anda bisa menggunakannya untuk memutihkan wajah. Bukan itu saja, putih telur juga dapat mengencangkan kulit wajah. Putih telur banyak mengandung protein yang mampu memacu pertumbuhan sel-sel baru yang dapat menyingkirkan wajah kusam Anda.

Caranya, Anda tinggal mengambil bagian putih telur yang masih mentah, oleskan ke muka dan diamkan selama 15 menit sampai kering. Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air hangat.

Lidah Buaya

Jika biasanya tanaman yang dikenal dengan nama aloe vera ini dipercaya untuk menyuburkan rambut, ternyata lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan wajah. Lidah buaya ini mengandung nutrisi yang bisa menghambat pembentukan melanin, melanin inilah yang kemudian menyebabkan wajah menjadi gelap.

Untuk mendapatkan wajah putih bersih dengan menggunakan lidah buaya, cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ke wajah, kemudian tunggu hingga 15 menit, setelah itu Anda bisa membilasnya.

Tepung Beras

Kandungan vitamin B, tirosinase dan asam amino di dalam beras dapat meningkatkan kolagen di dalam kulit. Selain itu, beras juga mengandung Aminobenzoic Acid yang berguna sebagai pelindung alami dari cahaya matahari (sunscreen).

Cara mendapatkan wajah putih bersih dengan menggunakan beras, Anda terlebih dahulu harus menumbuk beras hingga bubuk, campurkan dengan susu murni, gunakanlah sebagai masker. Jangan lupa bilas dengan air dingin jika sudah mengering.

Tomat

Buah yang sering menjadi bahan masakan ini, ternyata bisa juga digunakan untuk memutihkan wajah. Bukan hanya mampu memutihkan wajah, tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya tumbuk tomat dan ratakan ke seluruh permukaan wajah. Setelah lima belas menit, Anda bisa membilasnya dengan air hangat. Jika Anda ingin hasil memuaskan, lakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

Bengkoang

Bengkoang sudah dipercaya di berbagai belahan dunia untuk memutihkan wajah, misalnya orang Tiongkok terbiasa membuat ramuan dari bengkoang yang berkhasiat untuk membersihkan wajah hingga putih bersih.  Betakarotin dan vitamin C yang terkandung dalam bengkoang bermanfaat untuk membuat wajah lebih cerah alami.

Parutlah bengkoang terlebih dahulu sebelum menggunakannya, campurkan dengan madu, oleskan pada wajah, berbeda dengan tomat yang memerlukan waktu 15 menit, Anda harus menunggu 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Mentimun

Anda yang biasa menggunakan mentimun untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata Anda mungkin perlu mempertimbangkan sayuran yang satu ini untuk dijadikan sebagai bahan pemutih wajah alami.

Mineral dan vitamin yang terkandung dalam mentimun membuat mentimun dikenal sebagai pencerah wajah. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan wajah dengan menggunakan mentimun ini, Anda bisa memotong mentimun tipis-tipis dan menempelkannya ke wajah, selain itu mentimun bisa diparut terlebih dahulu, Anda bisa menambahkannya dengan putih telur dan jeruk nipis. Tunggu sampai 15 menit, setelah itu Anda bisa membilasnya.

Pepaya

Pepaya bisa dijadikan masker yang berkhasiat untuk memutihkan wajah. Kandungan enzim papain dapat meregenerasi kulit wajah dengan cepat. Selain itu, papaya yang mengandung vitamin A, C, dan E juga bisa menutrisi kulit sekaligus melembapkan.

Haluskan pepaya terlebih dahulu kemudian campur dengan madu. Anda tinggal meratakannya ke wajah lalu diamkan sebentar. Terakhir Anda bilas dengan air hangat. Cobalah pakai masker papaya ini minimal seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada jeruk nipis berkhasiat memuluskan wajah dan memudahkan untuk mengangkat sel kulit mati. Perasan jeruk nipis hanya perlo dioleskan ke wajah, tunggu sampai 30 menit, Anda tinggal membilasnya dengan air bersih. Tetapi ketika perasan jeruk nipis masuk ke pori-pori wajah, Anda mungkin akan merasakan sensasi seperti perih dan sedikit gatal. Jangan khawatir karena hal tersebut wajar terjadi.

Cara-cara memutihkan wajah secara alami ini selain murah juga aman karena tanpa efek samping. Untuk hasil maksimal pastikan Anda melakukannya secara rutin. Selamat mencoba! (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA