Tebing Jalan Kabupaten di Cipaku Ciamis Longsor Nyaris Timbun Rumah Warga

Tebing Jalan Kabupaten di Cipaku Ciamis Longsor Nyaris Timbun Rumah Warga. Photo: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang terjadi tiga hari lalu mengakibatkan tebing jalan kabupaten di Dusun Bangbayang Kidul, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, longsor dan nyaris menimbun rumah warga.

Saat ditemui HR Online, Kamis (07/02/2019), Supena, salah seorang warga setempat yang rumahnya nyaris tertimbun longsor, mengatakan, longsornya tebing jalan kabupaten itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB.

“Kejadiannya sekitar jam 03.00 WIB. Meski tak sampai menimbun rumah, tapi material longsoran menutupi akses masuk ke jalan gang, sehingga jalan masuk ke gang sempat tidak bisa dilewati,” tuturnya.

Akibat kondisi itu, warga setempat pun melakukan gerakan gotong-royong membersihkan longsoran tanah, agar akses masuk ke jalan gang bisa segera digunakan lagi.

“Kalau dilihat sepintas memang terlihat sepele. Tetapi kalau melihat kontruksi tanah yang labil, khawatir lokasi longsor akan bertambah lebar,” kata Supena.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Bangbayang, Kiswandi, membenarkan terkait adanya tebing jalan di wilayahnya yang longsor. Agar longsoran tidak semakin melebar, pihaknya pun telah melakukan upaya perbaikan.

“Longsornya tebing jalan tersebut dikhwatir akan menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Karena, peristiwa longsor yang terjadi di lokasi itu hampir memakan badan jalan,” terangnya.

Kiswandi menambahkan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan, kini di lokasi tersebut dipasangi pagar bambu.

Selain itu, pihak pemerintah desa pun sudah melaporkan ke kecamatan dan ke pemerintah kabupaten, dengan harapan di lokasi tersebut dibuat tembok penahan tebing (TPT). (Dji/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA