Tiket Promo KA Pangandaran Relasi Bandung-Banjar Diperpanjang, Ini Syaratnya

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperjangan tiket promo KA Pangandaran dengan relasi Stasiun Gambir Jakarta-Bandung-Banjar (PP), sampai 28 Februari 2019. Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kabar gembira untuk Anda yang belum sempat memakai jasa kereta api (KA) jurusan relasi Stasiun Gambir Jakarta-Bandung-Banjar (PP). Ya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperpanjang tiket promo layanan KA Pangandaran, sampai 28 Februari 2019.

Tiket promo KA Pangandaran relasi Bandung-Banjar (PP) seharga Rp 1 masih bisa Anda nikmati. Namun dengan catatan, jika sebelumnya harga tersebut bisa didapatkan via KAI Access, tapi saat ini ada perubahan pemesanan tiket.

Informasi tersebut dikutip dari siaran pers PT KAI yang diterima redaksi HR Online, Sabtu (02/02/2019), pemesan tiket Bandung-Banjar (PP) baik kelas ekonomi atau ekesekutif, hanya bisa didapatkan dengan mengunjungi stasiun terdekat pada hari keberangkatan atau dengan nama lain Go Show.

Selain itu, untuk setiap orang yang mengantre hanya dibatasi pembelian tiket promo KA Pangandaran relasi Bandung-Banjar (PP) ini, dengan maksimal empat tiket.

Alasan PT KAI menerapkan ketentuan Go Show, karena dari hasil evaluasi saat kereta api perdana ini diluncurkan, ternyata banyak yang memesan tiket tapi tidak jadi berangkat atau dibatalkan.

Bahkan dari penelusuran HR Online awal PT KAI meluncurkan jurusan kereta api baru, yakni KA Pangandaran ini melalui KAI Access atau tiket online semuanya sudah penuh sampai promo pertama berakhir.

Padahal, menurut Manager Humas PT KAI Daerah Operasi II Bandung, Joni Martinus, seperti mengutip dari Kompas, pemesan tiket via online tidak ada bagku yang kosong, tapi ketika berangkat kenyataannya tidak sedikit tempat duduk yang kosong.

Sementara untuk promo lainnya yaitu angkutan lanjutan Cibatu-Garut (PP), PT KAI masin menyediakan kereta secara gratis. Untuk memperoleh tiket tersebut, penumpang cukup memesan tiket relasi Gambir-Garut dari Stasiun Cibatu menuju Garut atau sebaliknya.

PT KAI juga memberikan tiket promo KA Pangandaran untuk relasi Gambir-Banjar (PP). Masing-masing untuk kelas ekonomi premium Rp110.000, dan kelas eksekutif sebesar Rp160.000. Tarif tiket tersebut setara dengan tarif Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir (PP).

Untuk memesan tiket promo KA Pangandaran untuk relasi Gambir-Banjar (PP), dapat melalui KAI Access, Web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya, mulai H-30.

Diberitakan HR Online sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan KA Pangandaran dengan relasi Stasiun Gambir Jakarta-Bandung-Banjar (PP) di Stasiun Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (02/01/2019).

Peluncuran kereta api Pangandaran ini adalah untuk melayani masyarakat dalam melakukan perjalanan Jakarta-Banjar atau menuju kawasan wisata Pangandaran.

Rangkaian KA Pangandaran ini terdiri dari sepuluh gerbong, diantaranya 4 unit gerbong eksekutif, 4 unit gerbong ekonomi premium, 1 gerbong makan, dan 1 unit gerbong barang. Kereta ini pun memiliki total tempat duduk sebanyak 520 kursi.

Launching Kereta Api Pangandaran ini dilakukan oleh Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro dan disaksikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Walikota Banjar, Wakil Walikota Banjar, Ketua DPRD Kota Banjar, Kapolres Banjar, Dandim 0613 Ciamis, Bupati Pangandaran, Wakapolres Ciamis, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Barat, Kadishub Provinsi Jawa Barat, CEO BNI Bandung, dan Dirpamobvit Polda Jawa Barat.

Sedangkan jadwal keberangkatan KA Pangandaran sebagai berikut:

  • KA 12410 Relasi Gambir – Bandung – Banjar : berangkat dari Gambir pukul 07.50 WIB, tiba di Bandung pukul 11.07 WIB, berangkat Bandung pukul 11.40 dan tiba di Banjar pukul 15.56 WIB.
  • KA 12379 Relasi Banjar – Bandung : berangkat dari Banjar pukul 16.20 WIB, tiba di Bandung pukul 20.34 WIB.
  • KA 12412 Relasi Bandung – Banjar : berangkat dari Bandung pukul 09.10 WIB, tiba di Banjar pukul 13.03 WIB.
  • KA 12377 Relasi Banjar – Bandung – Gambir : berangkat dari Banjar pukul 13.55 WIB, tiba di Bandung pukul 18.34 WIB, berangkat dari Bandung pukul 19.05 WIB, dan tiba di Gambir pukul 22.34 WIB.

(Adi/R5/HR-Online)