Tips Ampuh Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki, Mudah & Alami

Tips Ampuh Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki, Mudah & Alami. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Paparan sinar matahari dan UV bisa membuat kulit berwarna gelap. Tapi jangan khawatir, ada cara alami memutihkan kulit tangan dan kaki agar tidak terlihat gelap.

Warna kulita di bagian tangan dan kaki memang sangat berperan dalam penampilan fisik yang cantik dan menarik. Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Senin (24/02/2019), ada beberapa cara alami memutihkan kulit tangan dan kaki yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

Namun, perlu diketahui bahwa produk kecantikan yang dijual di pasaran tidak semuanya aman.

Sebab, bahan kimia bisa membuat kulitmu tidak sehat. Memang untuk meratakan warna kulit atau memutihkan kulit hasilnya tidak bisa didapat dalam waktu sekejap.

Meski begitu, kamu bisa mencoba bahan alami yang sudah terbukti dapat memutihkan kulit serta mengangkat kotoran yang ada di tangan dan kaki. Berikut ini cara-caranya;

Air Beras

Untuk memutihkan kulit tangan maupun kaki kamu bisa memanfaatkan air bekas mencuci beras. Hal itu karena beras mengandung asam ferullic dan allantoin yang berguna melindungi sekaligus memutihkan kulit.

Caranya, saat mencuci beras jangan dibuang airnya, tapi biarkan air beras hingga mengendap. Lalu, gunakan endapan air beras itu untuk melulur bagian tubuh tubuh yang berwarna gelap atau belang.

Minyak Zaitun

Cara alami berikutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Kandungan zat linoleic acid dalam minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung banyak anti-oksidan, diantaranya polifenol yang berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan.

Cara menggunakannya, campurkan 4 sendok makan minyak zaitun dengan 2 sendok makan madu. Lalu, gunakan untuk luluran setelah mandi.

Lidah Buaya

Agar warna kulit dan kaki tampak putih, kamu bisa mencobanya dengan menggunakan lidah buaya. Kandungan zat aloesin dalam lidah buaya berfungsi menghambat pembentukan melanin pada kulit untuk mencegah kulit menjadi gelap.

Hal itulah yang membuat lidah buaya banyak dimasukkan dalam komposisi dari berbagai produsen obat pencerah kulit. Jadi, lidah buaya pun dapat dicoba sebagai cara untuk putihkan kulit belang secara alami.

Caranya, ambil gel lidah buaya, oleskan secara merata di bagian kulit yang belang. Kemudian, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Putih Telur

Protein tinggi yang terkandung dalam telur berfungsi untuk meregenerasi kulit supaya sel kulit mati terkelupas dan diganti dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Meskipun aromanya berbau amis, namun banyak wanita Korea dan Jepang yang memakai putih telur sebagai cara untuk putihka kulit belang secara alami.

Caranya; pisahkan putih dan kuning telur, tambahkan madu dan jeruk nipis supaya bau amis bisa tersamarkan. Selanjutnya, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara tersebut secara rutin setelah mandi.

Lemon

Lemon merupakan jenis buah jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit.

Caranya, terlebih dahulu siapkan buah lemon lalu peras. Kemudian, oleskan perasan lemon di bagian kulit yang belang. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih sambil mandi.

Cara yang satu ini akan membuat kulit kamu terasa segar serta merona, lantaran lemon merupakan alat bleaching yang alami dan aman digunakan.

Bengkoang

Cara alami berikutnya adalah dengan menggunakan bengkoang. Sudah banyak produk kecantikan yang memakai khasiat bengkoang sebagai pemutih. Pasalnya, bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang punya peran penting untuk memutihkan sekaligus menjaga kulit supaya tetap bersih bersinar.

Vitamin C yang terkandung dalam bengkoang akan merangsang sel kulit untuk beregenerasi. Jadi kamu pun patut mempertimbangkan untuk memakai bengkoang sebagai cara untuk memutihkan kulit dengan cepat.

Caranya, parut bengkoang dan peras menggunakan air. Kemudian, gunakan sarinya sebagai masker lulur mandi yang alami. Selain itu, bisa juga dicampurkan dengan parutan bengkoang yang berfungsi sebagai scrub.

Mentimun

Kandungan minyak mineral dan vitamin dalam mentimun berperan penting untuk menjaga kesegaran kulit, sehingga kulit pun akan berubah menjadi bersih dan cerah dan bersih. Selain itu, mentimun juga mampu menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkar mata hitam.

Caranya, blender mentimun tanpa air sampau berbentuk seperti pasta. Selanjutnya, usapkan ke seluruh tubuh, lalu diamkan selama 30 menit, kemudian basuh dengan menggunakan air bersih sambil mandi.

Tomat

Kandungan lycopine, yakni senyawa anti-oksidan yang terkandung di dalam tomat sudah terbukti mampu menangkal radikal bebas, sehingga kulit tampak menjadi cerah dan berseri. Selain itu, tomat juga dapat berfungsi sebagai tabir surya alami. Fungsinya untuk memperkecil kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV.

Caranya, tumbuk tomat sampai halus hingga menjadi bubur, lalu oleskan ke seluruh tubuh. Kemudian, kemudian diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih atau mandi.

Kentang

Ternyata kentang juga bisa digunakan sebagai antibiotik alami yang berfungsi memperlambat penuaan kulit, dan membantu mempercepat regenerasi kulit. Hal itu karena kentang mengandung mineral yang juga bermanfaat untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas luka.

Dengan demikian, maka penggunaan kentang menjadi salah satu cara untuk memutihkan kulit wajah secara alami dan cepat.

Caranya, tumbuk halus kentang yang sudah direbus, lalu campurkan dengan 2 sendok makan susu sampai berbentuk pasta. Selanjutnya, oleskan pada seluruh tubuh dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA