Angin Kencang di Pangandaran, Sejumlah Rumah Hancur Tertimpa Pohon

Sejumlah rumah di Kabupaten Pangandaran dilaporkan rusak berat akibat angin kencang pada Sabtu (16/3/2019).

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Hujan deras disertai angin kencang di Pangandaran mengakibatkan beberapa pohon dan tiang listrik milik PLN roboh menimpa sejumlah rumah. Hujan dan angin di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini terjadi sekitar pukul 02.30 WIB, pada Sabtu (16/3/2019).

Beberapa rumah warga dilaporkan mengalami rusak berat karena tertimpa pohon. Selain menimpa rumah warga, pohon tumbang di wilayah Purbahayu, Ciawitali dan Cibodas sempat menutup badan jalan poros desa.

“Semalam hujan disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya hingga mengakibatkan puluhan pohon tumbang dan menimpa rumah warga,” kata Babinsa Desa Putrapinggan, Serda Turyono pada HR Online, Sabtu (16/3/2019).

Saat ini, kata Turyono, pihaknya dibantu BPBD, FKDM, PLN, masyarakat dan Pemerintahan Desa Putrapinggan untuk mengevakuasi pohon-pohon dan tiang listrik yang tumbang.

“Sejak kejadian, kita bersama masyarakat langsung turun ke lapangan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerugian materil mencapai puluhan juta,” paparnya.

Berikut data rumah warga yang tertimpa pohon tumbang di Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran:

1. Rumah bapak Wakim, warga Rt 02/02 Dusun Karangsari Desa Putrapinggan rusak akibat tertimpa pohon kelapa. Kerugian materil ditaksir Rp. 20 juta.

2. Rumah bapak Sugiman, warga RT 01/02 Dusun Karangsari Desa Putrapinggan tertimpa pohon Albasiah. Kerugian korban materil ditaksir Rp 8 juta.

3. Rumah bapak Turman, warga RT 02/02 Dusun Karangsari. Kerugian materil ditaksir Rp. 15 juta.

4. Hutan Jati milik Perhutani seluas 3 hektare porak poranda saat ini tengah dilakukan pembersihan oleh pihak Perhutani. 

5. Rumah ibu Titin, warga kampung Cigeledu, RT 01, RW 05, Desa Sidamulih rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Saat ini tengah dilakukan evakuasi oleh Tagana Kabupaten Pangandaran.

Sementara itu, HR Online berusaha menghubungi Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena. Namun hingga berita diunggah belum ada pernyataan resmi dari pihak BPBD terkait bencana pohon tumbang pasca diterjang hujan disertai angin kencang di sejumlah tempat di Pangandaran ini. (Ntang/R7/HR-Online)