Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisAngka Partisipasi Pemilu Rendah, Lakbok jadi Prioritas KPU Ciamis

Angka Partisipasi Pemilu Rendah, Lakbok jadi Prioritas KPU Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- KPU Kabupaten Ciamis menargetkan peningkatan angka partisipasi masyarakat pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Dari total 27 kecamatan, wilayah Kecamatan Lakbok menjadi target dan prioritas KPU Ciamis

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Politik, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Muharam Kurnia Drajat, ketika ditemui Koran HR, Senin (25/03/2019), membenarkan Lakbok menjadi prioritas untuk peningkatan angka partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019.

“Dibandingkan kecamatan lain, Lakbok memang menjadi prioritas,” katanya.

Muharam menjelaskan, rendahnya angka partisipasi masyarakat pada Pemilu sebelumnya, disebabkan karena mayoritas masyarakat pemilih di wilayah Kecamatan Lakbok bekerja di luar kota, bahkan luar negeri.

“Kondisi ini menghambat mereka dalam menyalurkan hak suara untuk memilih, bukan karena kurangnya sosialisasi dari KPU Ciamis,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Muharam mengungkapkan, angka partisipasi masyarakat pemilih pada Pilkada tahun 2018, baik untuk Pilgub maupun Pilbup, mencapai angka 77,4 persen dari target 80 persen.  

“Sesuai intruksi KPU, target partisipasi masyarakat Kabupaten Ciamis pada Pemilu 2019 adalah 77,5 persen,” katanya.

Muharam mengaku optimis, target angka partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 akan tercapai. Pasalnya, antusiasme masyarakat Ciamis dalam menyambut pesta demokrasi Pemilu 2019 sangat besar. Terlebih, Pemilu merupakan penentu kemajuan negara untuk lima tahun kedepan.   

“Maka dari itu, kami melakukan sosialisasi terus-menerus, baik melalui komisioner, relawan demokrasi, panitia pemungutan Suara (PPS) ataupun panitia pemilihan kecamatan (PPK),” pungkasnya. (Fahmi/Koran HR)