Awas! Kuman Bersarang di Ginjal Akibat Sering Menahan Pipis

Awas! Kuman Bersarang di Ginjal Akibat Sering Menahan Pipis. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Sering menahan pipis/buang air kecil bisa menyebabkan kemungkinan terjadinya efek yang tidak diinginkan. Salah satunya muncul kuman di bagian ginjal.

Memang sangat normal bagi seseorang yang menahan pipis dari waktu ke waktu, entah itu karena sibuk bekerja atau sedang seru-serunya nonton film favorit. Diketahui kapasitas normal kandung kemih orang dewasa adalah sekitar 473 mili liter, atau sekitar dua gelas cairan.

Meskipun mampu menampung  lebih banyak dengan cara meregang, namun kalau terlalu sering melakukannya hal ini bisa menjadi bahaya buat kesehatan ginjal.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/03/2019), bagi orang dewasa yang sehat, menahan buang air kecil biasanya tidak akan menimbulkan masalah. Namun, munculnya efek yang tidak diinginkan tentu sangat mungkin terjadi bila ini sudah menjadi kebiasaan.

Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Imran Agus Nurali, SpKO, menjelaskan, kebiasaan menahan buang air kecil dapat berisiko terkena penyakit ginjal.

“Minimal kita butuh delapan gelas minum air putih per harinya. Semakin banyak minum air putih maka keinginan untuk pipis pun akan semakin sering. Tapi ingat, jangan pernah ditahan, karena menahan kencing menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan ginjal,” paparnya.

Lebih lanjut Agus menegaskan, bahwa proses terjadinya kerusakan pada ginjal itu akibat adanya kristal di dalam tubuh. Penyebabnya akibat sering menahan buang air kecil.

Saat air dalam kandung kemih berkumpul, lambat laun dapat terjadi meningkatkan konsenterasi sebagai salah satu penyebab munculnya gangguan ginjal. Pasalnya, jika tidak segera dikeluarkan maka akan terjadi kristal.

Sementara itu, Dr. dr. Diana Sunardi, MGizi SpGK., dari Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (UI), juga menjelaskan, saat seseorang menahan kencing terlalu lama bisa membuat kuman yang ada di uretra berkembang biak. Hal ini akan berjalan naik ke bagian atas organ tubuh, seperti halnya ginjal.

Diana mengungkap, memang awalnya dari penyakit infeksi saluran kencing, kemudian naik ke bagian ginjal. Pada waktu tertentu kuman harus dikeluarkan melalui urin. Jika tidak, hal ini bisa naik ke atas dan berkembang biak.

Idealnya seseorang bisa buang air kecil sekitar enam kali dalam sehari. Jadi, mulai sekarang jangan biasakan menahan buang air kecil jika ginjalmu ingin tetap sehat. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA