Bahan Alami Ini Dipercaya Bisa Mengobati Cacingan dengan Ampuh

Ilustrasi cacingan. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Orang sering kali menganggap sepele penyakit cacingan. Padahal, cacingan dapat melemahkan kesehatan pada anak-anak, tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga terkena. Padahal, mengobati cacingan saat ini tidaklah sulit, karena sudah tersedia di toko obat/apotek.

Penyakti cacingan sendiri disebabkan oleh cacing jenis kremi yang tinggal atau menjadi parasit di dalam tubuh manusia khususnya di pencernaan yaitu rektum serta usus besar.

Cacing kremi bisa masuk ke dalam tubuh disebabkan karena telur cacing tersebut tertelan atau masuk, dpaat melalui benda lain yakni minuman atau makanan yang sudah terkena cacing kremi dengan tidak sadar.

Biasanya telur cacing kremi masuk ke dalam tubuh karena tidak menerapkan pola hidup sehat, seperti tidak menjaga kebersihan, sanitasi yang tidak baik atau air minum yang tidak bersih dan suhu lembab.

Walaupun penyakit ini dikatakan bukan sesuatu yang serius sehingga banyak orang mengangap tidak penting, tapi jika dibiarkan saja bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Orang yang terkena cacingan akan mengalami gatal di sekitar pantat, yang jika digaruk tersu menerus pantat/anus tersebut maka dapat mengakibatkan iritasi kulit, kemudian akan susah tidur dan lainnya.

Sementara cara mengobati cacingan bisa menggunakan obat cacing kremi yang tersedia banyak di apotek, seperti Albendazole, Pirantel pamoat, Mebendazole atau lainnya.

Namun jika ingin aman dan tidak ada efek sampingnya bisa mengobati cacingan dengan memanfaatkan bahan alami. Cara tersebut bisa dijamin ampuh dan mujarab. Berikut ini bahan alami yang bisa membunuh cacing kremi.

1. Bawang putih

Tidak disangsikan lagi bumbu dapur yang satu ini memang banyak kegunaannya terutama untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu mengobati cacingan.

Bawang putih dipercaya bisa membunuh telur cacing kremi, karena di dalamnya terkandung zat anti parasit sehingga efesien untuk membunuh mikroba di dalam tubuh termasuk cacing.

Untuk memakainya bisa dengan memakan langsung bawang putih atau dijadikan sebagai salep.

Untuk anak-anak yang sulit makan bawang putih bisa diris dulu kemudian masukkan ke dalam susu/minuman lainnya. Sementara orang dewasa memakan bawang putih sebanyak 2-3 siung namun ketika perut belum terisi makanan. Jika ingin hasil maksimal, lakukan setiap hari selama 1 minggu.

Sedangkan untuk menjadikannya menjadi salep caranya setelah menyiapkan bawang putih laly digerus sampai hancur dan halus dan bentuknya seperti pasta atau odol. Setelah itu, pasta tersebut dicampurkan dengan minyak jelly/esensial secukupnya. Lalu dioleskan ke anus dengan memakai kapas bersih.

2. Wortel

Bahan alami lainnya yang dipercaya bisa mengobati cacingan adalah wortel. Sayuran yang satu ini memang banyak mengandung vitamin A, yang bermanfaat selain untuk mata juga menambah sistem kekebalan tubuh serta mengusir parasit cacing kremi.

Rutin memakan wortel yang kaya serat bisa membantu sistem pencernaan tubuh lebih baik dan meningkatkan pergerakan usus. Sehingga cacing yang ada di usus besar terdorong keluar tubuh.

Wortel tersebut bisa dijadikan jus atau memasak menjadi sayur sop yang enak untuk dimakan terlebih di pagi hari.

3. Kulit mangga

Biasanya orang yang makan mangga kulitnya langsung dibuang. Namun mulai saat ini sebaiknya jangan dibuang, karena kulit mangga ini bisa membantu menyembuhkan penyakit cacingan.

Di dalam kulti mangga terkandung AHA, yang umumnya bisa Anda temukan di produk-produk kecantikan. Tapi karena sifatnya antelmintik, maka kulit buah yang satu ini bisa membasmi kuman di dalam tubuh.

Caranya tidak lah sulit, kulit mangga yang sudah dibersihkan itu direbus selama kurang lebih lima belas menit. Kemudian diminum air rebusan kulit mangga rutin setiap hari sampai cacing kremi keluar.

4. Minyak kelapa

Dengan sifatnya yang anti-bakteri serta anti-viral, maka minyak kelapa dipercaya bisa membasmi infeksi cacing kremi penyebab penyakit cacingan.

Cara kerjanya yaitu minyak kelapa diminum sebanyak satu sendok teh yang rutin setiap pagi hari. Lalu di malam hari atau menjelang tidur, gosok minyak kelapa secukupnya jangan banyak-banyak ke pantat/anus.

5. Biji Pepaya

Bahan alami lainnya yang dipercaya bisa mengobati cacingan adalah biji pepaya. Cara membuat biji pepaya sebagai obat untuk membasmi cacing kremi, yaitu terlebih dulu dikeringkan. Kemudian dihaluskan setelah itu dicampurkan dengan air hangat atau susu. Minum setiap pagi namun sebelum perut terisi oleh makanan lainnya.

Sebagai informasi, ternyata biji pepaya di dalamnya terkandung bahan yang bisa membasmi parasit cacing kremi. Seperti caricin, sitosterol, benzylglucosinolate dan lainnya.

6. Jus Pare

Tidak sedikit orang yang malas makan pare karena terkenal dengan rasanya yang pahit. Tapi siapa sangka jika pare bisa dijadikan cara untuk mengobati cacingan.

Ternyata di dalam pare terkandung zat yang bisa menjadi racun alami untuk membunuh parasit atau telut cacing penyebab penyakit cacingan. Tapi racun alami itu tidak berbahaya untuk kesehatan manusia.

Untuk menjadikan pare sebagai obat maka dibuat sebagai jus. Sementara untuk mengurangi rasa pahitnya, bisa ditambahkan dengan madu atau gula aren. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA